Ketahui lebih jauh apa itu Vaksin DPT Combo


Vaksin DPT adalah satu dari sekian banyak Vaksin lainnya yang diberikan pada anak. Umumnya semua Vaksin tersebut diberikan satu persatu secara bertahap. Mulai dari usia dua bulan sampai 15 bulan, Vaksinasi pada anak diberikan untuk mencegah penyakit-penyakit tertentu. Namun, tahu kah Anda kalau ada Vaksin kombinasi yang dapat diberikan? Imunisasi dengan Vaksin DPT Combo menggabungkan beberapa jenis Vaksin secara sekaligus. 

Apa Itu Vaksin DPT Combo?

Pernahkan Anda mendengar istilah tersebut? Sebenarnya apa saja kombinasi dalam Vaksin DPT Combo? Tentu, definisi dasarnya adalah Vaksin DPT yang dikombinasikan dengan Vaksin lain. Namun apa sajakah itu? Mungkinkah ada lebih dari satu kombinasi? Berikut ulasan singkatnya. 

Kombinasi Vaksin DPT

Vaksin DPT diberikan untuk mencegah tiga penyakit sekaligus yakni Difteri, pertusis dan Tetanus. Untuk kombinasi lainnya kerap digabungkan dengan Vaksin Polio, Hepatitis B maupun Influenza. Kurang lebih itulah variasinya. Bila orang tua menginginkan pemberian Vaksin secara sekaligus, atau telah melewati jadwal Vaksin secara individu. Vaksinasi kombinasi bisa dijadikan pilihan. Tentu perlu berkonsultasi dengan dokter bagaimana pemberiannya. 

Merek Vaksin DPT Combo

Gabungan dari Vaksin DPT Combo dapat diketahui dari mereknya. Ada beberapa merek yang dapat dipakai untuk pilihan Vaksin ini. Ada merek Pentavalen yang mengandung 5 jenis vaksin sekaligus yakni Vaksin Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis dan Haemophilus influenzae type b. Ada juga Vaksin Infanrix-IPV+Hib gabungan DPT aselular, Polio dan Haemophilus influenzae tipe b. 

Ada merek impor yang lebih mahal dan ada juga merek dalam negeri yang lebih terjangkau. Harganya bervariatif sesuai dengan kombinasi dan efek sampingnya. Beberapa merek Vaksin untuk DPT Combo adalah Infanrix hib, Infanrix hib ipv, Pediacel, Pentabio, Hexaxim, dan infanrix hexa. 

Vaksin DPT Demam dan Tanpa Demam

Kecanggihan teknologi bukan hanya mampu menggabungkan beberapa Vaksin menjadi satu, namun juga menghilangkan efek demam yang tentu meresahkan. Komponen bakteri yang dijadikan Vaksin yang tanpa demam sudah dilemahkan, hasilnya tidak mengakibatkan demam namun perlu diberikan beberapa kali. 

Pilihan ini dapat dibuat untuk Vaksin DPT Combo. Ada Vaksin DPT tanpa demam seperti merek Pediacel, Hexaxim, Linfanrixhexa. Harganya lebih mahal dibandingkan Vaksinasi DPT Combo yang menyebabkan demam dari Pentabio. 

Secara keseluruhan, mayoritas merek Vaksin DPT Combo tidak menyebabkan panas. Ini adalah salah satu keunggulan yang perlu dipertimbangkan saat mempertimbangkan untuk memberikan Vaksinasi DPT kombinasi bagi sang buah hati. 

Merek Yang Sama

Imunisasi wajib bagi anak adalah DPT (difteri, pertusis, tetanus), Hib, IPV, dan Polio. Semuanya dapat diberikan dengan masing-masing maupun bersamaan memakai Vaksinasi Combo. Umumnya Vaksin DPT adalah komponen dasarnya. Vaksin lain perlu dilengkapi dan sebaiknya memakai merek yang sama. 

Konsultasikan baik merek maupun jadwal pemberian suntikan Vaksinasi agar tidak ada satu Vaksin wajib yang terlewatkan. Tanyakan pula mengenai Vaksin yang dipakai pemerintah atau yang dapat disediakan di tempat anak Anda akan mendapatkan suntikan imunisasinya. Penting untuk membuat perencanaan terjadwal untuk waktu-waktu tertentu untuk Anak mendapatkan vaksin yang dibutuhkannya. 

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan memberikan Vaksin DPT Combo pada sang buah hati. Selain kombinasi, dosis, merek dan efek sampingnya perlu dipertimbangkan. Jadwal pemberiannya pun penting untuk didata dengan baik. Selain itu ada Vaksin DPT tanpa demam yang tentu merupakan faktor penting bila memutuskan sesuatu untuk sang buah hati. Gunakan aplikasi Halodoc untuk memperoleh seluruh informasi terkait Vaksinasi DPT Combo. Pastikan menggunakan merek yang diakui oleh Vaksin Jakarta serta dapat dipercaya.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar