Cek 5 Penyebab Penyakit Gagal Ginjal di SehatQ.com


Penyakit
gagal ginjal merupakan sebuah kondisi dimana ginjal tak lagi mampu menyaring racun yang menumpuk di dalam tubuh. Pada kondisi ini ginjal yang tak mampu lagi berfungsi dengan baik akhirnya berhenti bekerja dan menyebabkan komplikasi racun yang dapat berbahaya pada tubuh penderitanya.

Penyebab Gagal Ginjal yang Paling Umum

Tanpa disadari oleh manusia, kondisi gagal ginjal bisa saja disebabkan oleh sesuatu yang tak terduga dan seringkali dianggap sepele. Padahal beberapa hal sepele tersebut adalah kunci utama penyebab gagal ginjal yang paling sering terjadi di Indonesia. Berikut ini adalah lima penyebab paling sering dari terjadinya gagal ginjal.

1. Dehidrasi

Dehidrasi dalam tahap ringan memang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa dehidrasi yang terlalu sering terjadi dapat membuat ginjal kesulitan dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyaring racun dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam tahap kronis, dehidrasi bisa menyebabkan gagal ginjal. Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk terus menjaga asupan air yang masuk ke dalam tubuh Anda. Hal ini memang terdengar sepele namun inilah fakta di lapangan yang harus Anda ketahui.

2. Konsumsi Obat Berlebihan

Dalam dosis yang tepat sebuah obat bisa menjadi penyelamat nyawa Anda. Namun konsumsi obat berlebih juga dapat merusak ginjal Anda yang akhirnya menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Oleh karena itu sangat di sarankan Anda untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi obat jenis apapun.

3. Gangguan Fungsi Hati

Ada pula penyakit yang bisa memicu terjadinya gagal ginjal misalnya hepatitis B dan juga sirosis hati. Penyakit tersebut membuat kinerja dan fungsi hati menjadi kurang optimal, sehingga penyerapan racun dan zat kimia yang masuk dalam tubuh menjadi tidak terkontrol.

Gangguan pada hati ini sekaligus dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal karena banyaknya racun yang tak mampu di proses di hati kemudian dilimpahkan pada ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras dan bisa memicu terjadinya kerusakan yang fatal.

4. Begadang

Tidur terlalu malam atau begadang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah Anda naik. Selain itu tidur terlalu malam dapat pula mengganggu tekanan darah Anda yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit mulai dari gagal ginjal hingga serangan jantung.

Meskipun terdengar sepele namun begadang seringkali menjadi pemicu penyakit komplikasi yang berujung pada kegagalan fungsi ginjal hingga kematian. Jika Anda terlalu sering begadang Anda bisa menaikkan resiko Anda terserang penyakit diabetes, serangan jantung, dan juga darah tinggi.

5. Penyakit Ginjal Polikistik

Menurut situs kesehatan terpercaya SehatQ, penyakit ginjal polikistik bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya gagal ginjal. Penyakit ginjal polikistik sendiri adalah semacam kista yang tumbuh di dalam ginjal manusia yang kemudian menggerogoti fungsi dan kinerja ginjal tersebut.

Penyakit ginjal polikistik biasa terjadi pada manusia dengan usia lanjut antara 50 hingga 60 tahun ke atas. Karena menyerang manusia pada usia lanjut penyakit ginjal polikistik ini memiliki resiko yang sangat tinggi dalam mengakibatkan terjadinya gagal ginjal.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi resiko terjadinya gagal ginjal pada diri Anda. Berbagai informasi lengkap mengenai kesehatan dan chat dokter bisa Anda temukan dengan mudah dalam situs kesehatan SehatQ.com. Berbagai informasi kesehatan dan obat-obatan bisa Anda dapatkan disana.

Itulah tadi beberapa penyebab terjadinya penyakit gagal ginjal berdasarkan situs kesehatan SehatQ. Menjaga kesehatan ginjal Anda lebih mudah dan ringan dibandingkan dengan mengobati ginjal yang sudah sakit. Jaga pola hidup Anda agar terjauh dari berbagai penyakit dan perkaya pengetahuan kesehatan Anda dengan SehatQ.com.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar