Sering Diabaikan, 6 Kebiasaan Ini Bikin Tagihan Listrik di Rumah Membengkak!

Tagihan listrik di rumah sering membengkak? Sudah mencoba hemat, tapi tagihan kok selalu tinggi, ya? Duh, kalau ini dibiarkan terus menerus, pengeluaran bakal cepat boros nih. Perlu diingat lho, bahwa kebiasaan sehari-hari bisa membuat tagihan listrik jadi membengkak. Untuk itu, cobalah perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang sering kamu lakukan dalam menggunakan listrik di rumah. Mungkin tanpa disadari ada kebiasan sehari-hari yang dilakukan orang rumah yang bikin jumlah tagihan listrik jadi mahal. Kira-kira kebiasaan seperti apa yang membuat tagihan listrik di rumah jadi membengkak, ya? Cek ulasannya di bawah ini! 

1. Sering Menyalakan AC dengan Suhu di Bawah 22 Derajat


Sering Menyalakan AC dengan Suhu di Bawah 22 Derajat
Sumber: pinterest.com

Pemakaian AC dengan suhu di bawah 22 derajat dapat menimbulkan konsumsi daya listrik semakin tinggi, terlebih lagi kalau AC digunakan dengan suhu sekitar 16-18 derajat buat bikin ruangan jadi cepat sejuk saat di luar ruangan lagi terik-teriknya.

Ada baiknya, pakailah AC di suhu 22 derajat sebab penyesuaian suhu ini dapat membuat mesin pada AC bekerja dengan stabil dan optimal. Pemakaian AC dengan suhu yang gak tepat bakal bikin mesin AC bekerja dengan lebih keras. Inilah yang membuat daya listrik jadi lebih tinggi sehingga tak heran jika tagihan listrik menebal setiap bulannya. 

Baca juga: Manfaat Jahe Merah Untuk Stroke

2. Tidak Mencabut Colokan Listrik yang Tidak Digunakan


Tidak Mencabut Colokan Listrik yang Tidak Digunakan
Sumber: pinterest.com

Kamu dan orang rumah mungkin sering lupa dengan hal ini. Terutama charger-an gadget. Pasti sering tidak dicabut dari stop kontak meski sudah selesai melakukan pengisian daya. Mulai sekarang, tinggalkan kebiasaan tidak mencabut colokan listrik yang sebenarnya tidak lagi digunakan. Soalnya, meski tidak dipakai, colokan listrik yang masih menempel di stop kontak tetap menyedot daya listrik, lho. Ini yang menyebabkan tagihan listrik jadi membengkak. Malah bikin rugi, kan? 

3. Menyalakan Televisi tapi Tidak Benar-Benar Ditonton


Menyalakan Televisi tapi Tidak Benar-Benar Ditonton
Sumber: pinterest.com

Kebiasaan ini sering kali dilakukan banyak orang. Alasannya agar suasana di ruangan lebih hidup dan ramai. Memang betul sih, tapi hal ini malah bikin tagihan listrik naik. Daripada tagihan listrik di rumah membengkak cuma karena menyalakan televisi lalu gak ditonton, sebaiknya dimatikan saja geng.

Untuk menyiasati tagihan listrik, nyalakanlah televisi ketika ingin ditonton. Kalau perlu gunakan TV LED sebab lebih hemat daya sampai 50 persen dari TV tabung. Tentunya bisa membantu tagihan listrik di rumah jadi lebih hemat. Harga TV LED Polytron 32 Inch dan tipe lainya juga ada yang kisaran 1-2 jutaan dengan berbagai fitur canggih yang bikin pengalaman nonton televisi jadi lebih menarik.

4. Terlalu Lama Menyalakan Rice Cooker


Terlalu Lama Menyalakan Rice Cooker
Sumber: pinterest.com

Selain untuk memasak nasi, kebanyakan orang menyalakan rice cooker untuk bikin nasi agar tetap hangat. Nasi hangat memang lebih nikmat, namun gak enak di dompet. Bagaimana tidak, menyalakan rice cooker terus-menerus membuat daya listrik menyedot banyak. Belum lagi, rice cooker umumnya membutuhkan daya listrik yang cukup banyak ketika memasak nasi dan sekitar 77 watt buat menghangatkan nasi.

Duh, gak heran deh kalau tagihan listrik sering membengkak jika sering menyalakan rice cooker. So, lebih baik cabut colokan rice cooker kalau sudah memasak nasi, dan jika ingin menghangatkan nasi nyalakan rice cooker sekitar 15 sebelum makan agar tagihan listrik bisa lebih hemat. 

Baca juga: Manfaat Jalan Jinjit Untuk Stroke

5. Menyimpan Makanan Panas dalam Kulkas


Menyimpan Makanan Panas dalam Kulkas
Sumber: pinterest.com

Apa kamu pernah melakukan kebiasaan satu ini? Misalnya menyimpan puding di dalam kulkas saat kondisinya masih panas supaya bisa dingin lebih cepat. Ternyata kebiasaan ini salah besar lho. Ini akan membuat tagihan listrik melonjak karena saat ada suhu panas di dalam kulkas, barang elektronik ini akan bekerja terlalu keras buat bikin suhu jadi normal kembali.

Saat kulkas bekerja terlalu keras, konsumsi daya listrik yang diperlukan akan lebih tinggi dari biasanya. Daripada kebiasaan kecil ini membuat pemborosan tagihan listrik, ada baiknya sabar menunggu minuman atau makanan gak panas lagi sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

6. Menyalakan Lampu saat Siang Hari


Menyalakan Lampu saat Siang Hari
Sumber: pinterest.com

Gak sedikit rumah yang menggunakan lampu saat siang hari. Sebetulnya, di siang hari kita gak perlu menyalakan lampu sebab ada cahaya matahari yang masuk dalam rumah dan cukup memberikan penerangan ruangan. Tanpa kamu sadari, kebiasan satu ini bikin tagihan listrik melonjak tinggi. Untuk menghemat penggunaan listrik, kamu bisa menyalakan lampu saat siang hari di tempat yang dibutuhkan saja. Jika ruangan cukup terang, matikan lampu buat menghemat energi.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasan yang bikin tagihan listrik membengkak di atas, menghemat daya listrik di rumah juga bisa diakali dengan menggunakan barang elektronik hemat listrik. Berbagai macam barang elektronik kini sudah ada yang dilengkapi oleh teknologi hemat listrik. Merek, kualitas, harga TV LED 42 inch dan barang lainnya juga sangat bervariasi di pasaran. Tentu membuat kita jadi lebih mudah buat menemukan barang elektronik sesuai dengan budget dan selera masing-masing.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semua!

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar