Hububungan Kebijakan pendidikan sekolah Terhadap Proses Pembelajaran

Keberhasilan suatu sekolah merupakan ukuran bersifat mikro yang didasarkan pada tujuan dan sasaran pendidikan pada tingkat sekolah sejalan dengan tujuan pendidikan nasional serta sejauh mana tujuan itu dapat tercapai pada periode tertentu sesuai dengan lamanya pendidikan yang berlangsung disekolah.

Sebagai suatu organisasi,sekolah memiliki unsur atau komponen yang berfungsi dan saling berhubungan dalam mencapai tujuan sekolah. Komponen-komponen tersebut terdiri dari kepala sekolah,wakil kepala sekolah,guru-guru,karyawan,supervisor dan siswa. Ada pula unsur sarana dan prasarana,termasuk fasilitas dan finansial sekolah di samping komponen kurikulum pendidikan sebagai pedoman bagi proses pengajaran dan pembelajaran. semua aktivitas pembelajara,manajemen,kepemimpinan,layanan bimbingan dan pembinaan murid kecuali dipengaruhi kekuatan internal sekolah juga dipengaruhi kekuatan eksternal dari masyarakat untuk menentukan mutu lulusan dan layanan sekolah.(Syafrudin,2008:103)

Peranan sekolah sangat strategis dan menetukan kualitas generasi masa depan. Inti dari kegiatan sekoalah adalah menedidik murid dalam berbagai ragam program akademik,keterampilan,kepribadian dan pengetahuan yang lainya. Untuk mencapai peningkatan dalam peningkatan kualitas pelajar penting untuk merancang pembelajaran yang baik.

Pengorganisasian pembelajaran yang selama ini eksis adalah sekolah sebagai suatu struktur yang berbeda dengan struktur organisasi lainya. Sebab struktur sekolah pada saat ini dirancang sebelum era reformasi dan otonomi daerah maka pengembangan seluruh komponen sekolah harus menjadi agenda para pengelola sekolah. Saat ini diperlukan pengembanga program akademik berbasis anak dan masyarakat.(Syafrudin,2008:106)

Pengelolaan sekolah harus menangani persoalan bahan-bahan pendukung pembelajaran. Guru juga harus dituntut memilih materi pembelajaran berdasarkan kebutuhan para pelajar. Para guru selalu disiplin mengajar,berdiskusi dan menyiapakan buku sumber belajar sebagai srategi pengaaran tapi hal itu butuh bahan ajar untuk keberhasi suatu pengajarnya. Bahan-bahan adalah bahan fisik yang diperlukan untuk menunjang terjadinya proses pembelajaran di sekolah guna membentuk siswa seutuhnya. Bahan-bahan tersebut adalah berupa sarana dan prasarana, alat-alat pendidikan/media, dan sumber pendidikan. Metode yaitu metode pembelajaran atau cara-cara, teknik, dan strategi yang dikembangkan sekolah dalam melaksanakan proses pendidikan.

Dijelaskan oleh Salisbury dalam Syafrudin (2008:107) dalam suatu organisasi sekolah yang berpusat kepada pelajar dan pembelajaran maka pelajar menjadi aktor utama,dengan para guru memberikan bimbingan dan bantuan para pelajar untuk mengakses informasi dan materi pembelajaran yang dibutuhkan. Setiap pelajar harus membuat rencana materi pembelajaran mereka dan tujuan sebagai bahan yang diputuskan oleh guru secara bersama dengan para pelajar dan orang tua. Penenrapan pembelajaran tuntas tidak hanya memerlukan permulaan pada saat menyiapkan tugas pembelajaran. Tetapi juga harus dapat menentukan pelajaran selanjutnya setelah menyelesaikan yang mereka tetapkan sebagai bahan pelajaran permulaan.   

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa hubungan kebijakan pendidikan sekolahsekolah terhadap proses pembelajaran adalah kebijakan pendidikan sekolahsekoalah dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat  ditaati oleh semua unsur-unsur sekolah maka proses pembelajaran pun akan berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran pun akan tercapai secara maksimal.

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Terkait

  • Kelebihan dan Kekurangan E-Learning
    Kelebihan dan Kekurangan E-Learning Menurut Purbo (1998) dan Budi Raharjo (2002) dalam Jurnal Teknodik (April 2007) dikemukakan bahwa ada 3 (tiga) dampak positif penggunaan internet dalam proses pembelajaran
  • Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
    Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri.
  • Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
    Multimedia sebenarnya adalah suatu istilah generik bagi suatu media yang menggabungkan berbagai macam media baik untuk tujuan pembelajaran maupun bukan. Keragaman media ini meliputi teks, audio, animasi, video, bahkan simulasi. Tay (2000) memberikan
  • Hakikat Bimbingan Konseling
    Bimbingan Konseling merupakan upaya bantuan yang diberikan kepada seseorang supaya dia memperoleh konsep diri dan kepercayaan pada diri sendiri, untuk dimanfaatkan olehnya dan memperbaiki tingkah lakunya pada masa yang akan datang
  • Karakteristik e-learning
    Karakteristik dari e-learning dapat dilihat bahwa pemanfaatan e-learning tidak terlepas dari jasa internet karena teknik pembelajaran yang terdapat di internet begitu lengkap yang akan mempengaruhi tugas guru dalam proses pembelajaran.
  • Kawasan Desain Pembelajaran
    Yang dimaksud dengan desain disini adalah proses untuk menentukan kondisi belajar dengan tujuan untuk menciptakan strategi dan produk. Kawasan desain bermula dari gerakan psikologi pembelajaran, terutama diilhami dari pemikiran B.F. Skinner (1954) te
  • Prestasi Belajar
    Setiap proses belajar mengajar keberhasilannya diukur dari seberapa jauh hasil belajar yang dicapai siswa. Hasil belajar berasal dari dua kata dasar yaitu hasil dan belajar, istilah hasil dapat diartikan sebagai sebuah prestasi dari apa yang telah di
  • Ciri-ciri hasil belajar
    Ciri-ciri hasil belajar adalah adanya perubahan tingkah laku dalam diri individu. Artinya seseorang yang telah mengalami proses belajar itu akan berubah tingkah laku nya. Tetapi tidak semua perubahan tingkah laku adalah hasil belajar. Perubahan tingk
  • Pengertian dan tujuan pembelajaran
    Tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu.
  • Pengertian E-Learning
    E-learning merupakan suatu teknologi informasi yang sedang dijalani di dunia pendidikan Indonesia. E-learning terdiri dari dua bagian, yaitu e yang merupakan singkatan dari electronic dan learning yang berarti pembelajaran.
  • Perkembangan Konsepsi Media Pembelajaran
    Pada awal sejarah pendidikan, guru merupakan satu satunya sumber untuk memperoleh pelajaran. Dalam perkembangan selanjutnya, sumber belajar itu kemudian bertambah dengan adanya buku.
  • Fungsi evaluasi dalam pendidikan
    Secara umum, evaluasi sebagai suatu tindakan atau proses setidak-tidaknya memiliki tiga macam fungsi pokok yaitu (a) mengukur kemajuan, (b) menunjang penyusunan rencana, dan (c) memperbaiki atau melakukan penyempurnaan kembali.
  • Teori Konseling ego oleh Erikson
    Konseling ego dipopulerkan oleh Erikson. Konseling ego memiliki ciri khas yang lebih menekankan pada fungsi ego. Kegiatan konseling yang dilakukan pada umumnya bertujuan untuk memperkuat ego strength, yang berarti melatih kekuatan ego klien. Seringka
  • Waktu yang Tepat Memulai Penerapan Pendidikan Karakter
    Waktu yang Tepat Memulai Penerapan Pendidikan Karakter
  • 7 Prinsip belajar
    Perhatian adalah pemusatan pikiran dan mental pada satu kegiatan/satu objek (konsentrasi) atau disebut juga khusus. Motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perbuatan. Ada motivasi yang lemah dan ada juga motivasi yang
  • Kawasan Pengembangan Pembelajaran
    Pengembangan adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik, di dalamnya meliputi : (1) teknologi cetak; (2) teknologi audio-visual; (3) teknologi berbasis komputer; dan (4) teknologi terpadu. Kawasan pengembangan berakar pada p
  • Pengertian belajar dan sumber belajar
    Banyak ahli mengemukakan pendapat tentang teori belajar, yang secara umum sama yaitu proses perkembangan tingkah laku, pengetahuan serta pengalaman manusia dalam kehidupan sosial baik itu di dalam keluarga atau masyarakat yang dinamis. Apa saja penge
  • 65 Pilihan model pembelajaran (Bagian 2)
    Berikut ini disajikan beberapa model pembelajaran, untuk dipilih dan dijadikan alternatif sehingga cocok untuk situasi dan kondisi yang dihadapi. Akan tetapi sajian yang dikemukakan pengantarnya berupa pengertian dan rasional serta sintaks (prosedur)
  • Manfaat bermain bagi anak yang perlu kita ketahui
    Bermain itu penting bagi anak, karena bermain merupakan bagian sangat penting dari proses tumbuh kembang anak. Melalui kegiatan bermain, anak akan belajar berbagai hal tentang kehidupan sehari-hari. Anak akan mendapatkan pengalaman yang berkaitan den
  • Fungsi dan peranan media pengajaran
    Setelah memahami pengertian media pengajaran secara jelas kita harus memahami pula istilah-istilah yang memiliki pengertian hampir sama dengan media pengajaran yaitu alat pengajaran dan alat peraga. Hal ini sesuai dengan ungkapan dari B. Suryo Subrot

Kiriman terbaru