Kamus Istilah dalam Komputer 3

Anonymous FTP

Fasilitas pentransferan file antar situs Internet yang memungkinkan pemakai Internet mengakses file data atau dokumen dari mana saja dalam Internet tanpa harus memasukkan userID dan password.

ANSI (American National Standards Institute)

Lembaga yang menentukan patokan untuk pemrosesan data, memberikan aturan baku dalam menggunakan kode dan bahasa dari suatu bahasa pemrograman.

Answer Back

Kemampuan komputer atau terminal yang dipanggil untuk memberikan identitasnya kepada komputer atau terminal yang memanggilnya.

Anti Aliasing

Suatu teknik yang digunakan untuk menghilangkan efek jag gies pada gambar yang dihasilkan. Dengan menggunakan anti aliasing ini gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih mulus, terutama pada garis-garis yang tidak horizontal ataupun vertikal (diagonal).

Anti Virus

Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.

Amplitudo

Tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.

Aperture grill

Terdiri dari banyak kawat vertikal. Pada monitor pixel pada layar fosfor diatur dalam bentuk garis vertikal. Ketika pistol eletron melakukan scan pada satu baris, kawat ini mengisolasi pixel yang difokuskan oleh setiap cahaya. Teknik aperture grill mempunyai dua kelebihan bila dibandingkan teknik shadow masking. Pertama, penggunaan kawat memungkinkan lebih banyak energi yang bisa dilalui dari pistol elektron yang akan menghasilkan gambar yang lebih terang. Kedua, resolusi vertikal berpotensi akan lebih besar.

API (Application Programming Interface)

Program aplikasi yang memberikan layanan yang diperlukan oleh suatu sistem, biasanya layanan khusus untuk aplikasi tersebut.

APL ( ADA Programming Language)

Bahasa pemrograman yang dirancang oleh para teoritikus yang dirancang untuk diterapkan pada terminal jarak jauh.

APPC

Kemampuan sebuah protokol SNA untuk mengadakan komunikasi antara beberapa program dalam jaringan tersebut tanpa menyertakan sistem host pada umumnya.

Append

Perintah dalam aplikasi pengolahan file untuk menambahkan sebuah record baru pada suatu file atau menggabungkan file baru dengan file lama.

Application

Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Ms-Word, Ms-Excel.

Application Layers

Lapisan paling atas dari protokol model OSI (Op en System Interconnections). Tugasnya mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pertukaran data/informasi antara pemakai, software aplikasi maupun peralatan dalam sebuah sistem.

Application Program

Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus, misalnya program penggajian.

Application Interface

Sekumpulan software yang memungkinkan programmer untuk memasuki suatu sistem dan memakai layanan yang disediakan di dalam suatu jaringan.

Application Development Language

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dengan cara yang lebih mudah.

Application Package

Paket aplikasi lengkap, terdiri dari program tertentu yang dimasukkan di dalam memori komputernya berikut perangkat keras pendukung yang dibutuhkan (termasuk I/ O device).

Application Oriented Language

Bahasa pemrograman yang secara khusus dikembangkan untuk memiliki kemampuan mengubah masalah pemrosesan kompleks menjadi cara yang lebih simple. Dengan menggunakan bahasa ini, programmer tidak perlu lagi menyusun kode untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang sulit.

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Terkait

  • Kamus Istilah dalam Komputer 4
    Istilah yang sering digunakan dalam dunia Komputer
  • Apa itu front-end?
    Front-end adalah sebuha media tatap muka yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan data yang ada dalam sebuah sistem. Frond-end lebih mengarah kepada sebuah layanan umum yang memungkinkan semua orang dapat menerima atau memberikan informasi kep
  • Kamus Istilah dalam Komputer 1
    Istilah yang digunakan dalam komputer sangat banyak, kalau dikumpulkan semuanya bisa menjadi sebuah kamus yang sangat tebal. Mungkin jarang orang bisa menghafal istilah-istilah tersebut secara lengkap. Berikut ini saya sajikan daftar istilah yang dig
  • Kamus Istilah dalam Komputer 5
    Banyak alat maupun istilah dalam dunia komputer, semuanya mungkin sangat sulit dihafal. Berikut beberapa istilah yang bisa anda ketahui.
  • Kamus Istilah dalam Komputer 2
    Kumpulan istilah dalam dunia digital/komputer
  • Kamus Istilah dalam Komputer 6
    Banyak sekali istilah komputer yang digunakan, berikut ini saya sajikan istilah tersebut.
  • Apa itu algoritma?
    Algoritma berasal dari nama matematikawan Muhammad bin Musa Al-Khowarizmi-, Algoritma yang dalam bahas inggris Algorithm adalah daftar instruksi, prosedur, atau formula yang digunakan untuk memecahkan masalah.
  • Apa itu back-end?
    Back-end adalah sekumpulan aplikasi yang digunakan sebagai sarana bantu pengelolaan data yang digunakan untuk proses secara terbuka. Back-end sering disebut sebagai sebuah halaman administrasi yang dapat diakses oleh kalangan tertentu dalam sebuah si

Kiriman terbaru