Kamus Istilah dalam Komputer 6

B&W (Black and White)

Tampilan suatu obyek dalam warna hitam dan putih saja. Dalam Lotus 123, perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih lagi.

Backbone

Jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.

Backbone Network

Sistem sambungan utama dari jaringan terdistribusi dengan struktur hirarki.

Background

Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman Web.

Back Orifice

Program yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh The Cult of the Dead Cow (cDc) . Back Orifice merupakan tool remote admnistration, tetapi keberadaannya bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif. Jika dimanpaatkan seorang hacker, maka ia bisa mengambil alih kontrol sepenuhnya atas komputer korban. Selain itu, back orifice juga bisa dipakai untuk mencuri data dan e-mail dari komputer korban. Program ini merupakan extensible program yang bisa dirubah dan dikembangkan setiap saat.

Backing Storage

Alat penampung data dalam komputer yang kemampuan simpannya lebih besar dari pada penyimpan data utama, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah.

Backoff Delay

Lamanya waktu tunggu suatu medium control acces di sebuah terminal dalam jaringan berbentuk CSMA/CD, sebelum melakukan pengiriman kembali sebuah fr ame setelah terjadinya suatu tumbukan.

Backplane

Sebuah panel dimana sebuah papan sirkuit dalam sebuah peralatan pl ug dimasukkan; termasuk juga semua kabel yang saling menghubungkan sirkuit.

Backslash

Tombol keyboard bersimbol ‘\’; tombol ini sering dipakai saat bekerja dengan direktori.

Backspace

Tombol keyboard bersimbol ‘’ yang terletak di atas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus satu karakter sebelum kursor saat ini.

Backup

Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jam inan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.

Backus Normal Form (BNF)

Sebuah notasi resmi yang digunakan untuk mendefinisikan syntax dari suatu bahasa komputer.

Backward Supervision

Pengawasan sinyal dalam transmisi data yang dikirimkan dari sebuah terminal pembantu ke terminal induk.

Bad Block Table

Sebuah daftar dalam harddisk yang berisi lokasi block dalam disk yang rusak dan tidak dapat dipakai untuk menyimpan data. Sering pula disebut media detect line.

Balance Error

Kesalahan tegangan yang diakibatkan oleh hasil penjumlahan analog dalam komputer analog dan berbanding lurus dengan kesalahannya.

Balanced Error

Batas toleransi antara kesalahan minimal dan kesalahan maksimal yang dapat diterima. Umumnya bernilai sama atau berlawanan tanda (positif dan negatif), kebanyakan bernilai nol.

Balanced Transmission

Metode transmisi dengan cara mengirimkan sinyal ke dalam bentuk arus listrik yang akan dikirim lewat sebuah konduktor. Sinyal tersebut kemudian akan dikembalikan melalui konduktor yang berbeda.

Bandwith

Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz . Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second . Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobyte per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit

Bang Path

Sekumpulan nama alat-alat yang dipakai untuk mengarahkan e-mail dari pengguna ke pengguna lainnya.

Banner

Bagian yang tidak bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scrollbar sampai ke akhir dokumen. Sekarang ini hanya Internet Explorer yang mendukung perintah banner.

Bar Code

Karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan bermacam-macam ketebalan.

Bar Code Scanner

Alat yang mampu membaca balok-balok bar code ke dalam bentuk alfanumerik.

BASCOM (Basic Compiler)

Program yang menterjemahkan program BASIC berakhiran .BAS menjadi file .EXE yang dapat dieksekusi.

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Terkait

  • Kamus Istilah dalam Komputer 4
    Istilah yang sering digunakan dalam dunia Komputer
  • Apa itu back-end?
    Back-end adalah sekumpulan aplikasi yang digunakan sebagai sarana bantu pengelolaan data yang digunakan untuk proses secara terbuka. Back-end sering disebut sebagai sebuah halaman administrasi yang dapat diakses oleh kalangan tertentu dalam sebuah si
  • Kamus Istilah dalam Komputer 1
    Istilah yang digunakan dalam komputer sangat banyak, kalau dikumpulkan semuanya bisa menjadi sebuah kamus yang sangat tebal. Mungkin jarang orang bisa menghafal istilah-istilah tersebut secara lengkap. Berikut ini saya sajikan daftar istilah yang dig
  • Apa itu algoritma?
    Algoritma berasal dari nama matematikawan Muhammad bin Musa Al-Khowarizmi-, Algoritma yang dalam bahas inggris Algorithm adalah daftar instruksi, prosedur, atau formula yang digunakan untuk memecahkan masalah.
  • Kamus Istilah dalam Komputer 2
    Kumpulan istilah dalam dunia digital/komputer
  • Kamus Istilah dalam Komputer 5
    Banyak alat maupun istilah dalam dunia komputer, semuanya mungkin sangat sulit dihafal. Berikut beberapa istilah yang bisa anda ketahui.
  • Kamus Istilah dalam Komputer 3
    Kamus istilah dalam dunia komputer/digital
  • Apa itu front-end?
    Front-end adalah sebuha media tatap muka yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan data yang ada dalam sebuah sistem. Frond-end lebih mengarah kepada sebuah layanan umum yang memungkinkan semua orang dapat menerima atau memberikan informasi kep

Kiriman terbaru