Karakteristik Pembelajaran Melalui Internet
Karakteristik pembelajaran melalui internet ini meliputi komponen-komponen yang memungkinkan siswa dapat belajar lebih mudah. Hal ini sudah menjadi trend jaman sekarang sehingga perlu memenuhi kriteria standar pembelajarn. Komponen-komponen tersebut antara lain :
- Informasi bahan penarik perhatian
Informasi bahan penarik perhatian yang terdapat dalam pembelajaran internet harus memperhatikan (a) penggunaan gambar yang berwarna-warni , (b) memunculkan animasi, (c) penggunaan nada atau lagu, dan (d) komposisi tampilan yang proporsional (huruf atau gambar tidak terlalu kecil). Pengembangan e-learning melalui internet harus komunikatif dan menarik. - Materi dan teori
Materi dan teori merupakan inti dari seluruh isi materi pembelajaran, yang dapat diarahkan dalam bentuk e-book sehingga memudahkan siswa untuk mencari topik-topik yang tidak dimengerti dengan lebih cepat. - Simulasi dan visualisasi
Dengan cara simulasi dan visualisasi, teori atau perumusan materi yang cukup kompleks dapat dijelaskan dengan menarik sehingga lebih mudah diserap oleh siswa. - Latihan Soal
Mencakup soal yang dapat berkembang setiap saat sesuai dengan persiapan dari pengajar. Pada akhirnya, soal-soal akan terus berkembang dan suatu saat dapat menjadi bank soal sesuai dengan cakupan materi yang diberikan. - Quiz dan evaluasi lainnya
Evaluasi dan quiz dapat dilaksanakan secara terbuka yaitu dapat dilakukan di mana pun internet dapat diakses. Selain itu juag dapat dilaksanakan secara tertutup, dengan pengertian hanya dilakukan di suatu lokasi tertentu untuk menghindari kemungkinan yang mengerjakan adalah orang lain. - Tanya jawab, interaksi, dan diskusi
Dalam suatu proses pembelajaran adanya diskusi dan interaksi baik secara langsung maupun tidak langsung pada suatu forum diskusi yang terbuka akan dapat meningkatkan wawasan para siswa.
Manfaat Pembelajaran Melalui Internet
Menurut Mean dan Olson (1995) mengklasifikasikan kegunaan teknologi komputer yaitu internet sebagai berikut :
- Tutorial, untuk pembelajaran dan sistem kontrol
- Perluasan, untuk menelusuri informasi yang disajikan.
- Komunikasi, digunakan oleh siswa dan guru yang berfungsi untuk beriteraksi informasi melalui sistem jaringan/internet.
- Mengakses informasi, digunakan untuk memunculkan sejumlah informasi yang dapat membantu siswa menyelidiki maupun menjawab pertanyaan.
- Menjelajah dan menyelidiki secara bebas, hal ini guna membantu siswa mencapai tujuan melalui internet.
- Komunikasi interaksi guru-siswa (karakteristik dari media pembelajaran adalah interaktif)
- Menyamakan pengetahuan dan belajar bersama, guna mendukung kolaboratif dan mengintegrasikan pengetahuan.
- Efisiensi dan organisasi, yaitu mengenai kecepatan siswa mengakses informasi.
- Produktivitas guru, yaitu membantu guru untuk lebih beriteraksi dengan siswa.
- Menyusun, memodifikasi, mengorganisasi,menganalisa, dan mengkaji informasi.
Semoga bermanfaat, mari majukan pendidikan di Indonesia.
Zainal Hakim
** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **