Memahami arti proses pembelajaran berdasar ungkapan para ahli

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan,pengusaan kemahiran dan tabiat,serta pembentukan sikap dan kepercayaan peserta didik. (Fauzi,2012:48)

Suatu proses tidak dapat mencapai hasil maksimal dapat disebabkan oleh ketiadaan kekuatan yang mendorong motivasi. Dalam hal inilah,perlunya guru memasukan motivasi didalam cara-cara mengajarnya. Kehadiran guru dalam proses pembelajaran tetap memegang peranan penting. Peranan guru dalam proses pembelajaran belum dapat digantikan oleh mesin,radia,tape recorder ataupun oleh komputer yang pling canggih sekalipun. Masih terlalu banyak unsur-unsur manusiawi seperti sikap,sistem,nilai,persaan,motivasi,kebiasaan dan lain-lain yang diharapkan merupakan hasil dari proses pembelajaran. (sudjana,2013:12)

Pembelajaran yang benar-benar harus diterapkan benar-benar dapat mendorong para peserta didik untuk bersifat aktif,kreatif dan menyenangkan. Peserta didik juga perlu diajak dibiasakan untuk memecahkan masalah,menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya,dan bergulat dengan ide-ide. Guru tidak akan mampu memberikan semua pengetahuan kepada peserta didik.

Kegiatan pembelajaran merupakan bagian penting dalam implementasi kurikulum. Untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pembelajaran,dapat diketahui melalui kegiatan pembelajaran. Untuk itu,prinsip-prinsip pembelajaran perlu diketahui oleh seorang pengajar dengan memahami prinsip-prinsip pembelajaran seorang pengajar dapat membuat sesuatu acuan dalam pembelajaran. Dengan demikian,kegiatan pembelajaran akan lebih efektif serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Prinsip-prinsip pembelajaran yang harus diketahui adalah sebagi berikut.(Daryanto,2013:226)

  1. Prinsip Perhatian dan Motivasi
    Dalam proses pembelajran,perhatian memiliki peranan yang sangat penting sebagai langkah awal dalam memicu aktivitas-aktivitas belajar. Motivasi berhubungan erat dengan minat. Peserta didik yang memiliki minat lebih tinggi pada suatu minat pelajaran cenderung memiliki perhatian yang lebih terhadap mata pelajaran tersebut. Jadi,motivasi dalam belajar merupakan hal yang sangat penting juga dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
  2. Prinsip Keaktifan
    Belajar pada hakikatnya adalah proses aktif dimana seseorang melakukan kegiatan secara sadar untuk mengubah suatu perilaku dan terjadi kegiatan merespons terhadap setiap pembelajaran.
  3. Prinsip Keterlibatan Lansung/Berpengalaman
    Prinsip ini berhubungan dengan prinsip aktivitas,bahwa setiap individu harus terlibat langsung secara mengalaminya,bahwa setiap kegiatan belajar harus melibatkan diri (setiap individu) terjun mengalami.
  4. Prinsip Pengulangan
    Teori yang dapat dijadikan sebagai petunjuk pentingnya prinsip pengulangan dalam belajar,antara lain bisa dicermati dari dalil-dalil belajar yang dikemukakan oleh Edward L. Thorndike (1974-1949) tentang Law of learning,yaitu:”Law of effect,Law of exercise dan Low of reaines.
  5. Prinsip Tantangan
    Implikasi lain dari adanya bahan belajar yang dikemas dalam suatu kondisi yang menantang,seperti yang mengandung maslah yang harus dipecahkan,peserta didik akan tertantang untuk mempelajarinya. Dengan kata lain,pembelajaran yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk turut menentukan konsep-konsep,prinsip-prinsip, dan generalisasi akan menyebabkan peserta didik berusaha mencari menemukan konsep-konsep,prinsip-prinsip dan generalisasi tersebut.
  6. Prinsip Balikan Pengetahuan
    Peserta didik akan belajar lebih semnagat mengetahui dan mendapatkan hasil yang baik. Apalagi hasil baik merupakan bagian yang menyenangkan dan berpengaruh baik,bagi usaha belajar selanjutnya. Balikan yang diperoleh peserta didik setelah belajar melalui pengamatan melalui metode-metode pembelajaran yang menantang,seperti tanya jawab,diskusi,eksperimen,metode penemuan dan sejenisnya. Akan membuat peserta didik terdorong untuk belajar lebih giat dan semangat.
  7. Prinsip Perbedaan Individual
    Perbedaan individual dalam belajar yaitu bahwa proses belajar yang terjadi pada setiap individu berbeda dengan satu yang lain baik secara fisik maupun psikis. Untuk itu,dalam proses pembelajaran mengandung implikasi bahwa setiap peserta didik harus dibantu untuk memahami kekuatan dan kelemahan dirinya dan selanjutnya mendapat perlakuan dan pelayanan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik itu sendiri.

Rohani (2010:151) mengungkap agar teciptanya sebuah proses pembelajaran yang baik seorang guru harus menenkankan sikap demokratis agar lebih memungkinkan terbinaya sikap persahabatan guru dan peserta didik dengan dasar saling memahami dan saling mempercayai.

Sebuah pembelajaran yang efektif terjadi ketika hubungan antara peserta didik dan pendidik terjalin secara harmonis. Untuk seorang guru harus bisa menempatkan diri sebagai teman untuk murid-muridnya. Karena sebauah kedekatan emosional akan merangsang pada peserta didik untuk lebih rajin belajar.

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Terkait

  • 65 Pilihan model pembelajaran (Bagian 3)
    Berikut ini disajikan beberapa model pembelajaran, untuk dipilih dan dijadikan alternatif sehingga cocok untuk situasi dan kondisi yang dihadapi. Akan tetapi sajian yang dikemukakan pengantarnya berupa pengertian dan rasional serta sintaks (prosedur)
  • Pengertian belajar dan sumber belajar
    Banyak ahli mengemukakan pendapat tentang teori belajar, yang secara umum sama yaitu proses perkembangan tingkah laku, pengetahuan serta pengalaman manusia dalam kehidupan sosial baik itu di dalam keluarga atau masyarakat yang dinamis. Apa saja penge
  • Karakteristik media dalam multimedia
    Banyak sekali media yang bisa kia gunakan untuk melengkapi hasil multimedia yang dibuat. Beberapa media tersebut akan dijelaskan berikut.
  • Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
    Multimedia sebenarnya adalah suatu istilah generik bagi suatu media yang menggabungkan berbagai macam media baik untuk tujuan pembelajaran maupun bukan. Keragaman media ini meliputi teks, audio, animasi, video, bahkan simulasi. Tay (2000) memberikan
  • Ciri-ciri hasil belajar
    Ciri-ciri hasil belajar adalah adanya perubahan tingkah laku dalam diri individu. Artinya seseorang yang telah mengalami proses belajar itu akan berubah tingkah laku nya. Tetapi tidak semua perubahan tingkah laku adalah hasil belajar. Perubahan tingk
  • Pengertian teori komunikasi dan informasi
    Menurut Robert l. Mathis dan Jhon H. Jackson (2004) kontributor utama globalisasi adalah perkembangan dan evolusi telekomunikasi dan teknologi yang membantu pengiriman informasi yang cepat. Teknologi komunikasi seperti satelit telah menghadirkan tele
  • Fungsi evaluasi dalam pendidikan
    Secara umum, evaluasi sebagai suatu tindakan atau proses setidak-tidaknya memiliki tiga macam fungsi pokok yaitu (a) mengukur kemajuan, (b) menunjang penyusunan rencana, dan (c) memperbaiki atau melakukan penyempurnaan kembali.
  • Pengertain penilaian dalam evaluasi belajar
    Penilaian merupakan komponen penting dalam proses dan penyelenggaraan pendidikan. Upaya menigkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya.
  • 7 Prinsip belajar
    Perhatian adalah pemusatan pikiran dan mental pada satu kegiatan/satu objek (konsentrasi) atau disebut juga khusus. Motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perbuatan. Ada motivasi yang lemah dan ada juga motivasi yang
  • Kebijakan Publik dalam dunia pendidikan
    Kebijakan Publik adalah suatu rangkaian plihan-pilihan yang saling berhubungan yang dibuat oleh lembaga atau pejabat pemerintah pada bidang-bidang yang menyangkut tugas pemerintahan, seperti kesehatan, pendidikan
  • Kawasan Pengembangan Pembelajaran
    Pengembangan adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik, di dalamnya meliputi : (1) teknologi cetak; (2) teknologi audio-visual; (3) teknologi berbasis komputer; dan (4) teknologi terpadu. Kawasan pengembangan berakar pada p
  • Manfaat E-Education
    Ada banyak manfaat E-Education yang dapat dipetik baik oleh lembaga pendidikan, siswa dan masyarakat pada umumnya. Manfaat E-Education tersebut akan dibahas berikut.
  • Pembelajaran berbasis masalah
    Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berlandaskan pada paradigma konstruktivisme, yang berorientasi pada proses belajar siswa (student-centered learning).
  • Karakteristik e-learning
    Karakteristik dari e-learning dapat dilihat bahwa pemanfaatan e-learning tidak terlepas dari jasa internet karena teknik pembelajaran yang terdapat di internet begitu lengkap yang akan mempengaruhi tugas guru dalam proses pembelajaran.
  • Hububungan Kebijakan pendidikan sekolah Terhadap Proses Pembelajaran
    Keberhasilan suatu sekolah merupakan ukuran bersifat mikro yang didasarkan pada tujuan dan sasaran pendidikan pada tingkat sekolah sejalan dengan tujuan pendidikan nasional serta sejauh mana tujuan itu dapat tercapai pada periode tertentu sesuai deng
  • Keunggulan sistem multimedia
    Multimedia memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan media-media lainnya seperti buku, audio, video, atau televisi. Keunggulan yang paling menonjol adalah interaktivitas
  • Prestasi Belajar
    Setiap proses belajar mengajar keberhasilannya diukur dari seberapa jauh hasil belajar yang dicapai siswa. Hasil belajar berasal dari dua kata dasar yaitu hasil dan belajar, istilah hasil dapat diartikan sebagai sebuah prestasi dari apa yang telah di
  • Pengertian kurikulum pendidikan
    Istilah Kurikulum kali pertama digunakan dalam dunia olahraga pada zaman Yunani kuno. Kurikulum berasal dari kata Curir dan Curere. Pada saat itu kurikulum diartikan sebagai jarak yang ditempuh oleh seorang pelari. Orang mengistilahkan dengan tempat
  • Fungsi dan peranan media pengajaran
    Setelah memahami pengertian media pengajaran secara jelas kita harus memahami pula istilah-istilah yang memiliki pengertian hampir sama dengan media pengajaran yaitu alat pengajaran dan alat peraga. Hal ini sesuai dengan ungkapan dari B. Suryo Subrot
  • 65 Pilihan model pembelajaran (Bagian 1)
    Berikut ini disajikan beberapa model pembelajaran, untuk dipilih dan dijadikan alternatif sehingga cocok untuk situasi dan kondisi yang dihadapi. Akan tetapi sajian yang dikemukakan pengantarnya berupa pengertian dan rasional serta sintaks (prosedur)

Kiriman terbaru