Pengertian belajar dan sumber belajar
Banyak ahli mengemukakan pendapat tentang teori belajar, yang secara umum sama yaitu proses perkembangan tingkah laku, pengetahuan serta pengalaman manusia dalam kehidupan sosial baik itu di dalam keluarga atau masyarakat yang dinamis. Apa saja pengertian belajar menurut para ahli? simak berikut ini.
Pengertian Belajar
Hamalik (dalam Haling, 2006:2) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu perkembangan diri seseorang yang dinyatakan dalam cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan, belajar itu perubahan-perubahan yang psikhis. Sedangkan menurut Morgan dalam Fathurrohman & Sutikno (2007:6) merumuskan belajar sebagai suatu perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu. Selanjutnya menurut Nasution (Masnaini, 2003:5) mengemukakan pengertian hakekat belajar: (1) belajar adalah perubahan pengetahuan, dan (2) belajar adalah perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan.
Menurut Slameto (Haling, 2006:1) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Wingkel (1991) dalam Haling (2006:2) menjelaskan bahwa belajar pada manusia merupakan suatu proses psikologi yang berlangsung dalam interaksi aktif subjek dengan lingkungan, dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang bersifat konstan/menetap. Perubahan-perubahan itu dapat berupa sesuatu yang baru yang segera nampak dalam perilaku nyata.
Menurut Glender dalam Haling (2006:2), belajar adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap. Selain itu Fontana dalam Winataputra (1994:2) berpendapat bahwa belajar mengandung pengertian proses perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman. Definisi tersebut memusatkan perhatian pada tiga hal yaitu (1) bahwa belajar harus memungkinkan terjadinya perubahan perilaku individu, (2) bahwa perubahan itu harus merupakan buah dari pengalaman, dan (3) bahwa perubahan itu terjadi pada perilaku individu yang mungkin.
Jadi, pengertian belajar adalah suatu proses untuk merubah tingkah laku sehingga diperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Belajar pada hakikatnya adalah “perubahan” yang terjadi di dalam diri seseorang setelah melakukan aktifitas tertentu. Walaupun pada hakikatnya tidak semua perubahan termasuk kategori belajar dan dapat diartikan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi antara individu dengan lingkungan.
Sumber Belajar
Beberapa pengertian mengenai sumber belajar sebagai berikut :
Menurut Percival & Ellington, 1988 : "Sumber belajar adalah sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan dengan sengaja & dibuat agar memungkinkan siswa belajar sendiri secara invidual"
Menurut AECT(Association For Education Communication Technology), 1986 : Semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan untuk memberikan fasilitas belajar
Dari pengertian tersebut berarti sumber belajar bisa meliputi segala sesuatu yang digunakan untuk memfasilitasi belajar. Sumber belajar meliputi; pesan, manusia, material/ bahan, peralatan, teknik dan lingkungan yang dipergunakan secara sendiri-sendiri maupun dikombinasikan unutk memfasilitasi terjadinya tindak belajar. (AECT, 1997)
Selanjutnya menurut AECT sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi dua,yaitu:
- Sumber belajar yang direncanakan (by design) : semua sumber belajar yang secara khusus telah dikembangkan sebagai “komponen” sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
- Sumber belajar karena dimanfaatkan (by utilization): sumber-sumber yang tidak secara khusus didesain untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan dan digunakan untuk keperluan belajar.
Semoga Bermanfaat
Zainal Hakim
** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **