Pengertian E-Commerce
Secara sederhana, E-Commerce adalah semua kegiatan bisnis dan perdagangan di Internet. Mulai yang sekedar bersifat informatif misalnya situs resmi perusahaan, pelayanan konsumen, riset pasar, sampai yang bersifat perdagangan secara riil. Perdagangan ini bisa secara retail (eceran) yaitu kegiatan perdagangan langsung antara produsen dan konsumen, ini disebut sebagai B to C (Business to Consumer). Kemudian antara produsen dengan produsen (B to B) dan konsumen dengan sesama konsumen (C to C) maupun konsumen kepada produsen (C to B).
E-commerce sebenarnya terdorong oleh pesatnya pertumbuhan populasi Internet itu sendiri. Kemudian ditentukan pula oleh sejumlah trend ekonomi global yang memang cenderung merubah gaya hidup manusia, cara pandang terhadap informasi dan pergeseran paradigma dan budaya bisnis itu sendiri. Di era ini pasar konvensional mulai ditinggalkan dan makin bergeser ke virtual market place yang pertumbuhannya jauh lebih besar. Memang tingkat pertumbuhan bisnis dan pemakai Internet sangat luar biasa, melebihi penetrasi teknologi telekomunikasi lain seperti telepon, TV dan radio. Apalagi ini terjadi hanya dalam beberapa tahun saja, kurang dari satu dekade.
Aktifitas E-Commerce atau E-Business ini sebenarnya ditujukan untuk, pertama, menyempurnakan efisiensi transaksi atau layanan sehingga mereka bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan kinerja yang lebih baik. Kedua untuk mendapatkan keuntungan materi atau pendapatan misalnya dari yang bersifat kovensional seperti penjualan, iklan, komisi trading, lelang maupun perdagangan saham dan valuta asing hingga transaksi investasi, tender atau e-procurement termasuk “head hunting” (lowongan kerja).
** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **