Apa sih query database itu?

apa pengertian query databaseApa sih query database itu? Pertanyaan ini mungkin masih ada dan bahkan sering terdengar diantara kita. Artikel berikut sangat bermanfaat buat anda yang masih belum mengetahui persis seperti apa bentuk rupa query database itu.

Wikipedia Indonesia menterjemahkankan bahwa query language adalah suatu bahasa komputer yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap basis data dan sistem informasi.

Dari wiki.answers.com dikatakan bahwa : A database query is a piece of code (a query) that is sent to a database in order to get information back from the database. It is used as the way of retriving the information from database.

Jadi kalau dipahami lebih lanjut bahwa query database adalah bahasa standar yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara manusia dengan komputer sebagai penyedia basis data/database. Komunikasi ini disampaikan dalam bentuk permintaan tertulis (baris program) yang disusun, terurut, dan logis kemudian disampaikan ke sistem basis data/database.

Kenapa saya katakan bahasa standard, karena saya ketahui banyak sistem database yang dapat kita kelola dengan query database ini. Misal mysql, sql server, oracle, ms-access dll. Query database ini juga disebut dengan SQL (Structured Query Language).

Secara umum ada 2 jenis query yaitu DML dan DML. Lebih lanjut silahkan baca artikel berikut : Jenis Query Database

Semoga bermafaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Tips memilih nama domain untuk web atau blog pribadi
    Domain merupakan sebuah nama unik yang diberikan untuk mempermudah pengunjung mendatangi website atau blog kita. Dengan pemilihan nama yang tepat orang akan selalu mengingat dan mengunjunginya kembali.
  • Mengenal Istilah Basis Data
    Basis Data atau yang sering disebut dengan database pasti sering terdengar bahkan ini merupakan istilah yang wajib diketahui para penyuka dunia komputer. Database ini banyak terlibat dalam urusan penyimpanan data digital dalam semua bidang yang menggunakan peralatan teknologi informasi.
  • Teori Internet
    Teori tentang internet. Tahukah Anda, bahwa perkembangan internet pada awalnya hanya menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah lokasi dengan sebuah kabel dan beberapa perangkat keras?. Namun perkembangan teknologi internet yang semakin cepat dan canggih, memungkinkan komputer dapat berhubungan tanpa mengenal batas wilayah maupun negara dengan memanfaatkan kabel maupun tanpa kabel. Teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dan komunikasi seperti: email, groups, chatting, pencarian, download, upload, dan aktifitas lainnya.
  • Sistem Manajemen Basis Data
    Sistem Manajemen Basis Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk meng-akomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda-beda.
  • Membuka gmail dengan outlook 2007
    Anda pasti sudah mengetahui apa itu gmail, yaitu salah satu layanan email yang diberikan oleh google secara gratis. Gmail menyediakan beragam kelebihan dan kemudahan diantaranya adalah ruang space yang besar mencapai 10 GB, terintergrasi dengan layanan google lainya, akses cepat, tersedia webmail, dan tersedia akses POP3. Berikut ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuka gmail dengan outlook 2007.

Kiriman terbaru