Apa yang harus diketahui sebelum belajar php

Koding yuk

Definisi PHP

PHP adalah kode program yang ditanamkan dalam HTML. Sebagian besar tata cara penulisanya dianut dari Bahasa C, Java dan Perl dengan beberapa fitur khusus yang ditambahkan dengan tujuan agar pengembang web dapat membuat halaman dinamis dengan cepat dan mudah.

Cara Kerja

Ketika seseorang mengunjungi halaman web yang dibangun dengan PHP, web server memproses kode PHP. Kemudian web server melakukan pemisahan antara bagian konten yang dikirimkan langsung kembali ke pengunjung seperti tulisan, gambar dll, dan melakukan proses tersembunyi seperti operasi database, operasi file, perhitungan matematika, dll dan kemudian PHP menterjemahkan hasil ke dalam HTML. Setelah itu hasil terjemahan dikirimkan ke web browser pengunjung.

Apa yang bisa dilakukan dengan PHP

Selain hal-hal yang mendasar seperti operasi string/tulisan, manipulasi gambar, hubungan dengan database dll banyak hal lain yang dapat dilakukan dalam kode program PHP diantaranya :

  1. Memungkinkan untuk membangun sebuah website yang besar dan kaya dengan informasi
  2. Dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengunjung dari seluruh kalangan sekaligus dapat melakukan interaksi aktif sesuai keperluan
  3. Dapat digunakan untuk membangun sistem penjualan online, forum komunikasi, web portal, blog, mesin pencari dll
  4. Dapat melakukan komunikasi data dengan sistem luar yang bersifat terbuka

Apa yang perlu anda ketahui dan siapkan sebelum belajar PHP

Sebelum anda memulai menelusuri bagaimana menggunakan php dengan benar dan mendalam sebaiknya anda mengetahui :

  1. Dasar-dasar cara penulisan HTML. Ini berhubungan dengan bagaimana sebuah informasi yang dihasilkan oleh proses php dapat ditampilkan sebagai halaman web kepada pengunjung
  2. Mengetahui dasar-dasar pemrograman baik cara kerja maupun alur logika bahasa pemrograman. Ini bersifat umum, jadi bisa pengetahuan dasarnya dari pemrograman pascal, bahasa c, java, cobol dan bahasa pemrogaraman lainnya.
  3. Mengenal teknologi internet yang berkembang sekarang. Ini berguna agar proses belajar lebih cepat dan mudah karen berhubungan perangkat lunak apa saja yang nanti digunakan, media simulasi dan media pengembangan.
  4. Yang terakhir tentunya kembali ke personalnya. Untuk belajar php sebaiknya banyak bersabar, tekun melakukan uji coba dan terus berfikir positif bahwa "ANDA PASTI AKAN BISA SEPERTI MEREKA"

Nah kira2 sudah jelas, apa yang harus anda lakukan sekarang.....segera googling tentang dasar-dasar php, cara menjalankan, variabel, fungsi sampai memproteksi file php anda.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Upload banyak file dengan php
    Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang bagaimana membuat form serta script upload file dengan php, tapi masih dengan cara melampirkan satu file saja. Berikut ini saya akan berbagi lagi tentang bagaimana jika yang di upload terdiri dari beberapa file dan judul yang dikirim secara bersamaan dengan php.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 6
    Ini bagian terakhir artikel saya tentang tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, Pada artikel sebelumnya membuat aplikasi data mahasiswa bagian 5, saya sudah merancang tabel database pengguna dan menyisipkan 1 nama pengguna dengan password yang disimpan dalam format md5. Sekarang saya akan merancang form login dan proses login, serta melindungi semua halaman pengelolaan data mahasiswa yang sudah dibuat.
  • Membuat laporan dari php ke excel
    Dalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel.
  • Mengirim email laporan dari database mysql dengan PHPMailer
    Pada tulisan sebelumnya saya sedikit berbagi tentang Cara mudah mengirim email dari PHP dengan PHPMailer. Pada tulisan berikut ini saya ingin lanjutkan lagi tentang bagaimana mengirimkan email dalam bentuk laporan yang diambilkan dari database mysql dengan dengan PHPMailer.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 3
    Proses tahap awal dari membuat database, tabel, membuat formulir input data mahasiswa, proses simpan dan upload photo mahasiswa sudah dilakukan pada artikel Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 dan Bagian 2, sekarang membuat laporan hasil input data mahasiswa. Laporan ini akan dibuat menghubungkan kebeberapa bagian yaitu pencarian data mahasiswa, delete/menghapus data mahasiswa dan mengupdate data mahasiswa. Silahkan menyimak tahapan lanjutan berikut ini.

Kiriman terbaru