Cara membuat animasi dengan adobe image ready

Membuat animasi tulisan

Kata Animasi berasal  dari bahasa inggris animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakkan benda  mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya tidak bergerak, menjadi bergerak dengan menyusun objek gambar secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah hidup.

Animasi dikenal 3 jenis, ada animasi 2D, animasi 3D, trus ada juga animasi clay. Cara membuatnya juga macam2 dari yang sederhana dalam bentuk fisik, sampai dalam teknologi canggih dengan perangkat lunak bantu seperti 3D Max, Xara 3D dll.

Anda tertarik membuat animasi, bisa untuk banner iklan di blog atau bisa juga hanya untuk meramaikan tampilan blog anda? Silahkan baca artikel berikut tentang bagaimana membuat animasi dengan Adobe Image Ready.

Langsung ke praktek.

  1. Jalankan Adobe Image Ready
  2. Buat file baru dengan ukuran misal 300 x 300 pixel, pilih transparan
    Membuat animasi 1
    trus oke, maka akan tampil seperti berikut
    Membuat animasi 2
  3. Buat beberapa tulisan tulisan dengan berbeda warna, pastikan letaknya dipisah dalam beberapa layer
    Membuat animasi 3
  4. Atur kecepatan pergerakan animasi
    Membuat animasi 4
  5. Pilih frame pertama, kemudian sembunyikan layer yang tidak muncul di frame pertama (lihat lingkaran merah)
    Membuat animasi 5
  6. Kemudian tambahkan frame kedua
    Membuat animasi 6
  7. Atur kembali layer mana saja yang muncul di frame ke dua
    Membuat animasi 7
  8. Lanjutkan menambah frame ke tiga dan seterusnya, jangan lupa atur layer yang muncul pada masing2 frame
    Membuat animasi 8
  9. Selesai, kita tinggal simpan hasilnya. Untuk jenis gambar yang mendukung animasi dan juga trasnparan yaitu .gif.
    Membuat animasi 9

Hasilnya :
Hasil membuat animasi

Begitulah langkah-langkah membuat animasi dengan adobe image ready, ada pertanyaan? jangan sungkan post komentar dibawah.

Baca juga artikel saya tentang cara membuat gambar transparan dengan adobe photoshop

Jika ini membantu anda, silahkan berbagi kepada teman yang lain melalui social tool dibwah dan dikanan anda.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Gambar digital dan non digital
    Gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari proses yang dilakukan dengan bantuan komputer, kamera, scanner atau perangkat elektronik lainya yang disimpan dalam bentuk file digital. Gambar digital tidak bisa dilihat secara langsung tanpa bantuan peralatan elektronik. Contohnya : gambar wallpaper komputer, gambar yang ada diinternet, dll
  • Teori tentang desain grafis
    Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) ilmu terapan yang dapat memberikan kebebasan kepada sang perancang untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
  • Mengenal istilah warna
    Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan berbagai warna yang sangat beraneka ragam. Tetapi, tahukah anda bahwa warna itu terbagi dalam berapa jenis? Secara biologis, mata kita dapat mengangkap warna dikarenakan spektrum cahaya yang di pantulkan benda-benda disekeliling kita ke indra penglihatan kita yaitu mata lalu diproses oleh otak kita menjadi warna-warna tertentu sumber cahaya bisa dari matahari atau sumber cahaya buatan. Dalam artikel berikut anda akan mengenal teori tentang warna serta pembagian jenis-jenisnya.
  • Mengenal layout desain
    Layout adalah penyusunan dari elemen-elemen desain yang berhubungan kedalam sebuah bidang sehingga membentuk susunan artistik. Hal ini bisa juga disebut manajemen bentuk dan bidang. Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca menerima informasi yang disajikan.
  • Jenis Aplikasi Pengolah Desain Grafis
    Perkembangan aplikasi sekarang ini sangat pesat, banyak perangkat lunak bisa digunakan dengan bebas yang tersebar diinternet. Apa saja aplikasi yang bisa dugunakan untuk pengolahan desain grafis? Silahkan anda simak berikut ini.

Kiriman terbaru