Cara membuat dan menjalankan PHP

Cara membuat dan menjalankan PHPJika anda baru belajar php, silahkan baca panduan sebelumnya tentang proses install dan menjalankan apache. Pastikan apache sudah running.

Untuk membuat file php kita bisa gunakan editor apa saja yang penting dapat menyimpan dalam format text, disini saya akan gunakan editor sederhana yang ada dilingkungan windows yaitu notepad. Silahkan anda jalankan notepad yang biasanya terletak pada start menu, Accessories, kemudian pilih notepad.

PHP memiliki struktur dasar yaitu :

<?php
//ini blok tempat kode
?>

Baris pertama merupakan awal blok deklarasi php, baris kedua komentar yang menunjukkan tempat dimana kita bisa menuliskan perintah2 php, dan yang terakhir adalah bagian penutup php. Setiap anda membuat php harus diawali dengan pembuka dan penutup seperti diatas. Berikut contoh kode lengkap untuk menuliskan Selamat Malam dengan php.

<?php
   echo "Selamat Malam";
?>

Setelah anda tulis, sekarang kita simpan. Caranya tekan menu file, kemudian pilih save as. Arahkan direktori tempat menyimpan ke dalam xampp/htdocs. Ketikkan nama file dengan lengkap misal belajar1.php lalu tekan simpan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : ketikkan selalu nama file dengan huruf kecil, pastikan diakhiri dengan .php. Contoh sederhana selesai, sekarang bagaimana menjalankanya.

Jalankan browser, bisa mozilla, chroome atau lainya. Kemudian ketikkan pada address bar https://localhost/belajar1.php

Jika yang muncul tulisan Selamat Malam maka anda sudah berhasil membuat file php.

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Menampilkan data mysql dalam list menu dengan php
    List menu atau yang sering disebut combo box adalah sebuah objek dalam form yang disediakan oleh HTML. List menu digunakan untuk menampilkan pilihan yang umumnya bersifat statis misal pilihan nama kota, nama kategori, jenis jabatan dll. Bagaimana seandainya kita ingin menampilkan pilihan dengan sumber datanya dari mysql? Saya akan jelaskan langkahnya pada artikel berikut.
  • Membuat clean url dengan htaccess dan php
    Apakah anda sudah pernah mendengar istilah clean url dalam php? Dan apakah sudah mencoba sendiri membuatnya? Jika belum inilah saatnya anda mengetahui dan mencoba menerapkannya dalam php. Apa clean url, keuntunganya serta bagaimana membuatnya, simak tulisan saya berikut ini.
  • Upload banyak file dengan php
    Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang bagaimana membuat form serta script upload file dengan php, tapi masih dengan cara melampirkan satu file saja. Berikut ini saya akan berbagi lagi tentang bagaimana jika yang di upload terdiri dari beberapa file dan judul yang dikirim secara bersamaan dengan php.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 2
    Melanjutkan artikel saya tentang bagaimana membuat aplikasi data mahasiswa dengan php bagian 1, pada bagian 2 ini akan saya bahas tentang bagaimana membuat form/formulir input data mahasiswa, membuat proses simpan dan upload photo mahasiswa.
  • Membaca file csv dengan php
    CSV adalah jenis file yang sering digunakan untuk menyimpan data berupa huruf dan angka dalam bentuk plain-text. CSV (comma separated values) ini menyimpan dengan susunan baris data yang dipisah dengan karakter coma.

Kiriman terbaru