Cara membuat database dan table mysql dengan phpmyadmin

cara membuat database dan table mysqlBanyak aplikasi bantu untuk mengelola database mysql, diantaranya yang paling mudah dan banyak digunakan adalah phpmyadmin. Aplikasi phpmyadmin dikembangkan berbasis web sehingga sangat mudah digunakan. Biasanya aplikasi ini sudah terdapat dalam paket web server seperti xampp, lamp dll jika anda menginstall untuk dijalankan dikomputer pribadi (silahkan baca jika anda belum menginstall web server). Bagi yang memiliki hosting php, biasanya juga tersedia dalam menu cpanel (caranya akan saya bahas lain waktu).

Pertama, buka browser dan jalankan phpmyadmin dengan mengetik https://localhost/phpmyadmin pada bagian address bar. Tunggu beberapa saat sampai ada tampilan seperti berikut :

Membuat database mysql

Kolom sebelah kiri merupakan naviagasi daftar database yang sudah ada. Kolom kanan tempat munculnya table atau operasi2 yang dapat dilakukan dengan phpmyadmin.

Untuk membuat database baru, ketikkan nama database pada kolom kanan dibawa tulisan create new database. Nama database sebaiknya ditulis tanpa spasi misal db_tamu, kemudian tekan tombol create. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

membuat database dengan phpmyadmin

Kolom kiri menunjukkan database yang sedang aktif digunakan (baru dibuat), kolom kanan berisi menu untuk operasi yang bisa dilakukan dalam database aktif.

Sekarang membuat tabel dalam database aktif. Caranya ketikkan nama tabel sebaiknya tidak menggunakan spasi contoh tb_tamu, isian jumlah field jika sudah diketahui boleh diisikan, jika belum bisa diisi jumlah perkiraan, misal diisi 3, kemudian tekan tombol go. Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Membuat table dalam mysql

Isikan nama field, tipe datanya dan panjangnya.

Misal :

field pertama : id, tipe int, panjang 10, index primary, autoincrement ya
filed kedua : nama, tipe varchar, panjang 30
field ketiga : alamat, tipe varchar, panjang 100

Jika anda mau menambah field, isikan jumlah field pada kanan bawah dan tekan go. Jika sudah selesai tekan save.

setelah berhasil akan muncul seperti gambar berikut :

Membuat susunan table mysql

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Menampilkan 5 data terakhir dalam laporan mysql
    Anda sedang membuat laporan database mysql, entah itu dengan php atau aplikasi lain seperti delphi atau visual basic. Kemudian anda ingin menampilkan 5 data terakhir yang mungkin diambil dari transaksi maupun input data lainya. Anda bisa lakukan dengan cara berikut ini.
  • Membatasi jumlah tampil data mysql
    Jika anda membuat sebuah laporan yang diambil dari database mysql, biasanya akan ditampilkan seluruh data yang sesuai kriteria. Mysql sudah menyediakan perintah untuk membatasi jumlah data yang akan ditampilkan di layar. Berikut ini cara membatasi jumlah tampil data mysql.
  • Menggabung beberapa field dalam query saat ditampilkan
    Pada tulisan ini saya akan berbagi tentang bagaimana menggabung beberapa field database saat ditampilkan ke layar. Untuk melakukan hal ini saya menggunakan teknik penggabungan field dengan fungsi string yang tersedia dalam mysql database.
  • Operasi Matematika dalam Mysql
    Operasi matematika dalam mysql sering dijadikan alternatif yang paling efektif dalam menghasilkan sebuah laporan yang detail karena dapat meminimalkan penggunaan memori serta mempermudah penyusunan koding program.
  • Jenis query pada mysql
    Mysql query adalah perintah atau instruksi yang dapat digunakan untuk mengelola database atau tabel mysql. Query juga dikenal dengan SQL (Structured Query Language) yang artinya adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan dalam mengelola basis data atau database. Secara umum ada 2 jenis query pada mysql yaitu DML dan DML.

Kiriman terbaru