Cara menghapus virus shortcut Ramnit

Virus shortcut adalah jenis penggangu yang cukup tangguh, karena dapat menyebar ke semua bagian hardisk atau media penyimpanan lainya tanpa permisi. Pasti bikin anda bingung apalagi saat dicoba menghapus virus shortcut kembali lagi bermunculan. Bagaimana cara menghapus virus shortcut, akan saya jelaskan disini.

Cara kerja virus shortcut

  1. Setelah menginfeksi komputer anda, dia akan membuat file induk dengan nama database.mdb yang berada di folder MyDocuments.
  2. Virus ini akan membuat file autorun.inf pada setiap drive dan folder anda. dan biasanya menginfeksi komputer dari sebuah flashdisk.
  3. Virus ini akan membuat file thumb.db (note: untuk thumbs.db pada drive atau folder anda merupakan file cache dari komputer anda yang asli. Jika thumb.db merupakan database dari virus. hati-hati dengan perbedaan nama yang akan mengelabuhi anda.)
  4. Untuk menjebak korban, virus ini akan membuat file microsoft.ink dan extensi.ink disetiap folder drive. Jika anda mencoba untuk meng-klik file tersebut maka langsung akan mengaktifkan virus tersebut.
  5. Periksa Task Manager anda apakah ada file wscript.exe yang berjalan di system anda, jika ada matikan saja, karena dalam keadaan normal tidak ada file wscript.exe.

Cara menghapus virus shortcut

Membersihkan virus shortcut atau biasanya dikenali oleh antivirus sebagai Ramnit. Virus Ramnit merupakan virus yang cukup terkenal saat ini karena kemampuanya yang cukup membuat pusing pengguna komputer yang terserang virus Ramnit. Virus ini pun dapat menginjeksi ke dalam file .exe seperti hal yang virus sality. Berikut ini beberapa tanda terserang virus Ramnit.

  • Virus akan membuat browser Internet Explorer menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gamabar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet.
  • Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.
  • Muncul banyak file dengan nama file ‘Copy of Shortcut to (1).lnk’ s/d ‘Copy of Shortcut to (4).lnk’ di flashdisk pengguna. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna.
  • Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini.

Selain ciri-ciri tersebut, perlu diketahui juga bahwa Ramnit juga memiliki file induk yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:RECYCLER%nama_acak%.exe]. Virus ini juga akan menjangkit file berekstensi exe, dan setiap file exe yang terinfeksi akan mempunyai ukuran 107KB lebih besar dari ukuran awalnya. Selain itu Ramnit akan menduplikasikan file tersebut di dalam folder yang sama. (sumber: vaksin)

Cara mengatasi Virus Ramnit adalah dengan menggunakan  berbagai Tools dengan nama yang bermacam-macam,s eperti: Ramnit Killler, Ramnit Cleaner, Ramnit Remover, Ramnit Removal.

  1. PCMAV Express for Ramnit, Tools ini sudah disediakan oleh PCMAV sebelum diluncurkannya versi PCMAV 5.2 bulan lalu. Silakan download dari sini.
  2. Dr. Web Antivirus, antivirus ini memiliki kemampuan untuk membersihkan Ramnit dari file dan komputer yang terjangkit oleh virus ini, selain itu kemampuannya untuk membersihkan virus sality pun sudah tidak disangsikan lagi. Silakan download dari sini https://www.freedrweb.com/cureit/?lng=en sedangkan untuk Dr. Web Live CD silakan download dari sini https://www.freedrweb.com/livecd/?lng=en

Semoga berhasil!

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Jenis komputer analog, digital dan hybrid
    Komputer dibedakan dalam 3 kategori yaitu komputer analog, digital dan hybrid. Masing-masing punya karakteristik serta cara kerja yang sedikit berbeda. Baca penjelasanya berikut.
  • Mengelola program aplikasi di windows
    Umumnya jika kita membeli komputer atau laptop baru, program aplikasinya sudah terinstall/terpasang dengan lengkap bahkan seringkali aplikasinya tidak pernah kita sentuh sama sekali. Secara teknis, walaupun aplikasi-aplikasi tersebut tidak digunakan tapi semuanya menggunakan ruang serta mengurangi kinerja sistem yang kita gunakan. Mengapa dan bagaimana mengelolanya agar komputer dan sistem operasi windows bekerja optimal?
  • Mengenal BIOS dan CMOS
    Ketika sebuah komputer dihidupkan, BIOS melakukan pengecekan apakah semua perangkat input dan output sudah terpasang dan dapat bekerja dengan benar. Jika sudah terpenuhi maka BIOS akan mengirimkan informasi tersebut ke Sistem Operasi yang digunakan. BIOS juga yang mengatur penggunaan memori pada perangkat keras yang terpasang di komputer seperti Video Card, Sound Card, Land card, Memory dll. BIOS akan menyimpan hasil konfigurasinya dalam CMOS.
  • Jenis file video
    File video adalah sebuah jenis file digital yang menyimpan informasi karakteristik (metafile) serta pengkodean khusus dalam menyajikan susunan video yang ditanamkan. Jenis file video ini bermacam-macam tergantung pada siapa pengembangnya, media outputnya, teknologi pengkodeannya, perangkat lunak pemutarnya, perangkat lunak yang membuatnya serta sistem operasi yang mengenalinya. Yang umum kita kenal hanya beberapa saja seperti avi, mpg, mp4, 3gp karena ini yang paling sering kita gunakan. Ternyata selain itu masih banyak lagi jenis file video lainya yang sangat asing buat kita.
  • Perangkat Output Device
    Output Device atau dalam bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga atau tergambar/tertulis di kertas.

Kiriman terbaru