Fungsi break dan continue dalam php

fungsi break dan continue dalam php

Fungsi break dalam php digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php  : for, foreach, while, do-while atau switch. Sedangkan continue digunakan untuk melanjutkan proses pada perintah perulangan for dengan php. Kedua fungsi ini (break dan continue) memang tidak selalu digunakan, karena setiap kasus mungkin saja berbeda keperluan. Pada kasus seperti apa anda memerlukan fungsi break dan continue?

Fungsi break ini biasanya digunakan untuk mengendalikan alur kerja dari sebuah proses yang dilakukan dengan perintah seperti diatas. Fungsi break ini diletakkan dalam struktur if dengan menambahkan kriteria tertentu.

Contoh penggunaan fungsi break

<?php
switch ($nilai) {
  case '1':
    echo "$nilai=1";
    break;
  case '2':
    echo "$nilai=2";
    break;
  case '3':
    echo "$nilai=3";
    break;
  case '4':
    echo "$nilai=4";
    break;
  default:
    echo "$nilai";
}
?>

Pada contoh switch diatas bisa kita lihat bahwa setiap akhiran case diletakkan break. Ini fungsinya agar, pada saat variabel nilai sesuai dengan salah satu nilai case maka proses switch akan diakhiri setelah perintah break. Hal ini dikarenakan jika tidak diletakkan break maka php akan melanjutkan sampai case terakhir.

Contoh penggunaan fungsi continue

<?php
for ($i = 0; $i < 5; ++$i) {
    if ($i == 2)
  continue
    echo "$i\n";
}
?>

Jika kode php diatas dijalankan maka hasilnya adalah menuliskan angka 0 1 3 4, pada bagian program kita lihat ada if($i == 2) continue yang artinya pada saat perulangan dengan nilai i sama dengan 2 maka perulangan mengabaikan perintah menuliskan angka 2 dan melanjutkan ke perulangan nilai berikutnya.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Membuat upload video dengan php
    Secara teknik dasar membuat form upload untuk video tidak berbeda dengan cara membuat form upload gambar yang sudah saya tulis pada tutorial sebelumnya. Hanya berbeda pada bagian proses menangani file yang diupload ke server.
  • Menghindari duplikat data dalam mysql dengan php
    Menghindari duplikat data dalam mysql bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan mendefinisikan salah satu field/kolom sebagai primary key atau index, dan cara kedua adalah dengan membuat rutin perintah pengecekan data pada saat akan melakukan insert data. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat rutin perintah php yang digunakan untuk menghindari duplikat data dalam mysql.
  • Membuat paging dengan combo box
    Membuat paging dengan combo box. Sebelumnya saya menulis tentang bagaimana membuat paging sederhana dengan cara menampilkan nomor halaman sebagai pilihan halamanya. Dengan cara tersebut untuk kasus data yang sedikit tidak bemasalah karena pilihan halaman tentunya juga sedikit, akan tetapi pada kasus data yang banyak mungkin ribuan bahkan lebih akan bermasalah karena pilihan halaman akan sangat banyak. Ada beberapa alternatif agar lebih mudah, salah satunya dengan membuat pilihan halaman dalam list/menu atau yang sering disebut combo box.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 4
    Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa yang sempat tertunda, sekarang saya lanjutkan membahas tentang bagaimana membuat form update data mahasiswa serta menyimpanya kembali kedalam tabel database mysql yang sudah saya buat.
  • Cara upload file dengan PHP Script
    Php memiliki fasilitas untuk mengirimkan file dari komputer pengguna melalui browser ke server sehingga kita tidak perlu lagi aplikasi khusus seperti ftp atau login ke panel hosting hanya untuk sekedar upload file biasa, dokumen, maupun gambar.

Kiriman terbaru