Google Earth 3D untuk ponsel android sudah dirilis

Google Earth untuk androidGoogle Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial.

Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005, dan sekarang tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows 2000, XP, atau Vista, Mac OS X 10.3.9 dan ke atas, Linux (diluncurkan tanggal 12 Juni 2006) dan FreeBSD. Dengan tambahan untuk peluncuran sebuah klien berbasis update Keyhole, Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005 dan 2006, menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasi geospasial.

Global virtual ini memperlihatkan rumah, warna mobil, dan bahkan bayangan orang dan rambu-rambu jalan. Resolusi yang tersedia tergantung pada tempat yang dituju, tetapi kebanyakan daerah (kecuali beberapa pulau) dicakup dalam resolusi 15 meter. Google Earth memmudahkan pengguna mencari alamat (untuk beberapa negara) dengan memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk mencari lokasi.

Google telah merilis aplikasi Google Earth versi terbaru yaitu 7 untuk Sistem operasi Android dan bisa didownload di toko aplikasi online Google Play, . Pembaruan pada versi 7 ini mendukung tampilan peta dalam 3D.

Google Earth untuk android

Dengan Google Earth 7, Anda dapat melihat kota dalam perspektif 3D. Ada pula fitur baru tour guide (pemandu wisata) sehingga Anda dapat menjelajahi sebuah daerah yang sedang diinginkan.

Saat ini Google Earth 7 untuk Android hanya mendukung beberapa kota untuk tampilan 3D. Namun, Google menjanjikan ada banyak kota yang segera bisa dilihat secara 3D sebelum akhir tahun 2012.

Sayangnya, kinerja Google Earth untuk Android menjadi agak berat, apalagi jika koneksi internetnya lambat.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Layar Amoled
    AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. AMOLED ini merupakan teknologi layar OLED (Organic Light Emitting Diode). OLED ialah perangkat padat yang terdiri dari film-film tipis. Film-film tersebut mengandung molekul organik yang dapat menghasilkan cahaya apabila dialiri listrik. OLED ini digunakan sebagai layar dalam suatu perangkat dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi serta konsumsi daya yang relatif rendah. AMOLED ini dikeluarkan oleh Samsung, salah satu perusahaan teknologi yang bermarkas di Korea Selatan (Seoul).
  • Jenis-jenis hosting
    Kita sudah mengetahui bahwa hosting merupakan jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu dapat menyimpan dokumen berupa gambar, text, animasi, video, suara dll di jaringan internet. Jenis hosting yang ditawarkan biasanya ada 4 jenis yaitu shared hosting, virtual private server, Dedicated server dan Colocation Server.
  • Apa itu web server, email server, database server
    Kita sudah sering mendengar kata server yang artinya sebuah komputer yang menjadi pusat penyedia layanan data dalam sebuah jaringan. Selain server ada nama-nama lain yang masih bisa kita hubungkan seperti web server, email server, dan database server.
  • Mengenal Microsoft Silverlight
    Silverlight adalah sebuah kerangka pengembangan atau framework untuk pengembangan aplikasi berbasis web kaya fitur yang diakses menggunakan penjelajah web dan dapat berjalan pada sistem operasi yang berbeda.
  • Jenis-jenis memory komputer
    Memory adalah Salah satu Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan melakukan instruksi oleh dan dari sebuah perangkat digital. Semakin besar memori yang tersedia, maka semakin banyak pula data maupun intruksi yang dapat dilakukan. Semua

Kiriman terbaru