Jenis komputer analog, digital dan hybrid

Komputer dibedakan dalam 3 kategori yaitu komputer analog, digital dan hybrid. Masing-masing punya karakteristik serta cara kerja yang sedikit berbeda. Baca penjelasanya berikut.

Komputer analog

contoh komputer analog

Komputer Analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).

Komputer digital

Komputer Digital Adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.

Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner)untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit. Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu: 1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi. 2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri, 3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk, 4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif. Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.

Komputer hybrid

Komputer Hybrid adalah jenis Komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

Baca juga :

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Jenis file vektor
    File Vektor adalah jenis file yang memiliki serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya (seperti gambar dibawah ini) kualitasnya tetap. Contoh file vektor yang paling umum adalah .wmf, swf , cdr dan .ai. Jenis file vektor ini paling sering digunakan dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart dsb.
  • Mengenal control panel di windows
    Anda pasti sudah sering mendengar istilah control panel yang digunakan pada banyak aplikasi baik itu dikomputer maupun di internet. Control panel digunakan untuk mengatur sebuah aplikasi baik itu tampilan, peralatan, cara kerja dll. Begitu juga di lingkungan windows, control panel digunakan untuk mengatur sistem windows yang sedang berjalan.
  • Sejarah Microprosessor
    Processor merupakan otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Processor digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
  • Perangkat Input Device
    Input Device adalah sebuah perangkat keras yang dapat mengirimkan data ke komputer. Input device memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan komputer secara langsung. Tanpa Input Device sebuah komputer hanya berfungsi sebagai media visualisasi yang hanya bisa ditonton seperti televisi.
  • Mengubah format video
    Anda pasti sudah mengetahui bahwa banyak format video yang didapat dari media cd maupun secara online seperti AVI, MOV, M2TS, OGM, RMVB, RM, WMV, QT, WebM, FLV, MOD, TS, TP, DVR-MS, Divx, etc. to AVI, WMV, MP4, MPEG-1, MPEG-2, FLV, SWF, MKV, 3GP and 3G2 dll. Mungkin anda ingin mengubah format video tersebut dengan format lain yang lebih kecil ukurannya atau mengoptimalkan kualitasnya.

Kiriman terbaru