Kamus Istilah dalam dunia Adsense

Iseng-iseng buka file-file lama yang tersimpan dikomputer, ternyata ketemu daftar istilah dalam periklanan di dunia maya (adsense) yang pernah saya kumpulkan beberapa tahun lalu, sumbernya lupa. Langsung saya posting mungkin masih tidak terlalu lengkap dan mudahan bermanfaat bagi yang lain.

Account Activation

Proses pengaktifan account google adsense yang di lakukan dengan meng-klik link verifikasi yang di kirim melalui email

Actual CPC (Actual Cost Per Click) atau CPC

Biaya yang harus di bayar oleh advertiser (pemasang iklan) untuk setiap klik iklan yang di klik oleh pengunjung

Ad Layout

Layout/format tampilan iklan yg dapat di pilih oleh seorang publisher (pemilik blog/web)

Adsense

Layanan iklan google yang memberi kesempatan kepada para pemilik situs, blog atau portal untuk menyewakan space bagi iklan tersebut

Adsense for Content

Iklan adsense yang di pasang dalam halaman situs,bog atau portal milik publisher

Adsense for Search

Form kotak pencarian Google yang di tempatkan dalam halaman situs, atau blog milik publisher

Adsense for feed

Iklan adsense yang di tempatkan dalam feed situs atau blog milik publisher

Adsense for domain

iklan adsense yang di tempatkan dalam halaman web atau blog jika domain tsb belum memiliki content

Ad Layout Code

Kode script yg di kopi-paste untuk di tempatkan dalam halaman situs atau blog

Ad Rank

Peringkat iklan dalam suatu halaman situs atau blog

Ad Server

Server yg bertugas mengirimkan iklan ke setiap website yg mempunyai script google adsense

Ad Unit

Unit Iklan adsense dalam sebuah website/blog

Alternate Ads

Tampilan alternatif untuk iklan Adsense yg tidak bisa dimunculkan di halaman situs atau blog milik publisher

Advertiser

Pemilik iklan yang mengiklankan produk atau jasa melalui internet (Google)

Adwords

Program per-iklanan yang memungkinkan advertiser beriklan melalui Google dengan cost per click (CPC)

Check Fees

Biaya yg di bebankan untuk pengiriman cek adsense

Competitive Ad Filter

Memblokir iklan dari situs tertentu agar tidak muncul di halaman situs atau blog kita

Adsense Clicks

Jumlah klik pada ad units yg dilakukan pengunjung di halaman web atau blog milik publisher

Click Fraud

Melakukan klik aklan adsense dengan cara-cara yang tidak di benarkan

Click Popularity

Popularitas suatu situs berdasarkan banyaknya situs tersebut di kunjungi melalui klik dan berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs tersebut

Clickthrough

Proses meng-klik suatu iklan oleh pengunjung dimana setiap iklan yg di klik akan terhubung dengan website pemasang iklan

CTR (Clickthrough Rate)

Perbandingan antara jumlah klik yang diterima suatu ad units dengan jumlah tampilan ad units tersebut.Sebagai contoh ,satu ad units yang di tampilkan 50 kali dan di klik 10 kali akan memiliki nilai CTR sebesar 20% (10:50)

Color Palette

Variasi warna tampilan untuk iklan Adsense

Content

Isi website dalam suatu halaman baik berupa file teks,gamba,suara,ataupun video

Cost Per Thousand Impressions

Biaya yang harus di bayar oleh pemasang iklan per 1000 kali tayang

Frequency of Ads

Berapakali iklan tersebut tampil di suatu halaman sius atau blog

Geo-Targeting

Target lokasi atau bahasa tertentu yang di buat oleh pemasang iklan (Adwords) dan publisher Adsense

Google Advertising Network

Jaringan iklan google yang menampilkan iklan adsense seperti America Online,CompuServe,Netscape,New York Post,dll

Hidden Text

teks tersamar yg dapat di baca oleh situs pencari namun tidak dapat di baca oleh pengunjung

Keyword

Kata atau frase tertentu yang biasa di gunakan orang dalam melakukan pencarian di search engine

Keyword Weight

Berapa kali suatu keyword muncul di halaman dan di hitung dalam prosentase dari semua kata yg lain di halaman tersebut

Link

Teks atau gambar yang di pakai dalam dokumen HTML untuk melompat dari satu dokumen ke dokumen(situs atau blog) lainnya

Link Popularity

Berapa banyaksitus web yang melakukan link ke suatu situs tertentu

Maximun Cost Per Click

Maksimum biaya CPC untuk suatu kategori iklan

Maximum Cost Per Thousand Impressions

Maksimum biaya CPM untuk suatu kategori iklan

Page Impressions

Jumlah yg menunjukan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units di buka oleh pengunjung. 1 page impressions = 1 x kemunculan

Page View

Banyaknya suatu halaman web atau blog di kunjungi

Payout Rate

Prosentase pembayaran yang akan di bayarkan Google pada setiap klik yang di tentukan oleh Googe

Publisher

Pemilik situs atau blog yang menampilkan iklan

Referrals

Pendapatan publisher yg di peroleh dengan mengajak publisher lain untuk bergabung dengan adsense

Terms Of Service (TOS)

Ketentuan dari Google tentang layanan yang harus di taati oleh semua publisher.

Top Keyword

Kata atau frasa yang banyak dicari orang melalui mesin pencari (search engine)

High Paying Keyword

Keyword yang memiliki nilai lebih besar untuk setiap klik nya, sebagai contoh keyword tentang forex,asuransi,dll

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Mengenal aplikasi untuk membuat Blog
    Bagaimana cara membuat Blog? Apakah membuat blog itu harus membayar? Pertanyaan itu sering muncul ketika seseorang ingin membuat blog. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat blog, baik yang bersifat gratis maupun berbayar. Pada bagian ini akan diuraikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat blog secara gratis.
  • Mengenal Istilah Basis Data
    Basis Data atau yang sering disebut dengan database pasti sering terdengar bahkan ini merupakan istilah yang wajib diketahui para penyuka dunia komputer. Database ini banyak terlibat dalam urusan penyimpanan data digital dalam semua bidang yang menggunakan peralatan teknologi informasi.
  • Internet bagi Dunia Kedokteran
    Pertumbuhan dan perkembangan internet selama ini memberikan banyak dampak positif ke berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor kesehatan. Dalam bidang kedokteran, sudah banyak sekali manfaat yang diberikan hasil dari perkembangan internet seperti antara dokter dan pasien dapat melakukan konsultasi medis jarak jauh, seminar melalui video konferens, ataupun menampilkan video tentang simulasi.
  • Apa sih query database itu?
    Apa sih query database itu? Pertanyaan ini mungkin masih ada dan bahkan sering terdengar diantara kita. Artikel berikut sangat bermanfaat buat anda yang masih belum mengetahui persis seperti apa bentuk rupa query database itu.
  • Apa bedanya website gratis dengan berbayar??
    Sebagian orang dimanjakan dengan website yang gratis, mudah dan gak pakai lama, dan sebagian orang lagi merelakan dirinya merogoh kantong dalam-dalam untuk membayar biaya tahunan domain dan hosting serta direpotkan dengan urusan teknis lainya. Bahkan sering menggunakan jasa-jasa prefesional dalam bidang website. Mengapa dan apa perbedaan sebenarnya website gratis dengan berbayar??

Kiriman terbaru