Kenapa menggunakan css (Cascading Style Sheets)

alasan kenapa menggunakan css

CSS sudah tidak asing lagi dikalangan para blogger atau pengembang website karena css sangat mudah digunakan dan cara penulisannya pun sangat gampang diingat. Tapi tahukah anda masih banyak lagi alasan kenapa css menjadi idola para blogger dan pengembang? Dalam artikel ini saya akan mengemukaan alasan-alasan kenapa menggunakan css.

Alasan menggunakan CSS

  1. CSS sangat mudah digunakan
    Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menggunakan css kita tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak harus menuliskan baris perintah yang banyak untuk menerapkan teknologi css dalam blog atau web kita
  2. CSS didukung oleh hampir semua jenis browser
    CSS tidak hanya bisa ditampilkan pada jenis browser-browser ternama saja, tapi juga bisa ditampilkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis walaupun pada media yang sangat minimal seperti ponsel atau perangat gadget lainnya
  3. CSS dapat diterapkan dengan banyak cara
    Untuk menggunakan css kita bisa gunakan beberapa cara seperti mendeklarasikan pada bagian head, membuat file css secara terpisah, mendeklarasikan pada saat diperlukan dan menempelkan pada TAG html
  4. CSS membuat kontrol terpusat sehingga tidak perlu merubah  semua halaman
  5. CSS mempercepat tampilnya sebuah halaman
  6. CSS meminimalkan penggunaan bandwidh
  7. Penulisan kode HTML menjadi lebih sederhana sehingga lebih disukai mesin pencari
  8. CSS dapat melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh HTML
    Dengan css kita bisa menempatkan sebuah objek pada lokasi yang bebas dalam posisi layar
  9. CSS menghasilkan tampilan yang lebih baik
  10. CSS dapat menggantikan beberapa fungsi gambar
  11. CSS dapat menambahkan efek pada objek-objek yang ada dalam halaman web

Dari 11 point alasan diatas, pasti tiap orang punya pendapat berbeda, yang jelas css memberikan nilai tambah yang perlu anda pertimbangkan dalam membuat susunan layout halaman web atau blog anda.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Menyusun tampilan form tanpa perintah table
    Tabel dalam html biasanya digunakan untuk menyusun laporan atau membuat layout/tampilan elemen html agar terlihat lebih rapi. Pada tutorial kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana Menyusun tampilan form input tanpa perintah table, tetapi menggunakan css. Teknik menyusun tampilan elamen html tanpa perintah tabel ini sering disebut dengan tableless (sedikit tabel).
  • Membuat efek gambar di blog dengan css
    CSS sangat felxibel bisa digunakan untuk banyak keperluan, berbagai media, semua platform dan semua sistem pengelola konten (wordpress, blogger, joomla dll). Penggunaanya juga sangat mudah sehingga kita bisa brekreasi dengan tulisan maupun gambar. Kali ini saya akan berbagi cara bagaimana menyisipkan efek gambar dengan css pada blogger.
  • Apa css sprite dan bagaimana membuatnya
    CSS sprite adalah sebuah teknik menampilkan gambar di halaman web atau blog dengan cara mengkombinasikan beberapa gambar dalam satu file dan kemudian memanggilnya melalui css dengan cara menuliskan posisi titik x dan titik y
  • Cara membuat css dengan dreamweaver
    Cara membuat css dengan dreamweaver sangat mudah, kita bisa gunakan beberapa cara dengan bantuan fitur yang tersedia dalam dreamweaver.
  • Membuat background gradient dengan css3
    Salah satu fitur unggulan yang dihadirkan pada teknologi css3 adalah kemampuanya membuat warna latar/background gradient. Gradient adalah perubahan warna dari satu warna ke warna lainya yang dilakukan secara teratur. Gradient lebih identik pada hasil gambar yang diciptakan melalui proses penempatan kombinasi beberapa warna yang memenuhi sebuah area gambar. Biasanya untuk menghasilkan gambar gradient digunakan aplikasi pengolah gambar seperti photoshop, atau corel draw. Pada artikel ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat latar gradient dengan css3.

Kiriman terbaru