Komputer Server

komputer serverServer adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klient/server. Contoh dari layanan ini adalah Protokol Konfigurasi Hos Dinamik, server surat, server PTH, server PTB, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan server PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proksi. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.

Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.

Sumber : Wikipedia

Baca juga artikel tentang : Web Server, Email Server, Database Server, dan Jenis Memory Komputer

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Cara menghapus virus shortcut Ramnit
    Virus shortcut adalah jenis penggangu yang cukup tangguh, karena dapat menyebar ke semua bagian hardisk atau media penyimpanan lainya tanpa permisi. Pasti bikin anda bingung apalagi saat dicoba menghapus virus shortcut kembali lagi bermunculan. Bagaimana cara menghapus virus shortcut, akan saya jelaskan disini.
  • Cara membersihkan virus sality
    Sality merupakan virus berjenis PE Infector (Polymorphic) yang menginfeksi file-file Executabe ?exe?. Virus yang memiliki nama asli w32.Hllp.KukuJoker ini banyak dikeluhkan pengguna computer diseluruh dunia, terutama di indonesia banyak sekali pengguna komputer yang melaporkan telah terinfeksi oleh virus ini.
  • Jenis Hardisk
    Dari perkembangan sejarah awal digunakannya komputer, banyak sekali jenis media penyimpanan data sejenis hardisk yang digunakan. Dengan tujuan serta fungsi yang sama yaitu menyimpan data, tapi dikemas dalam teknologi serta bentuk berbeda. Ada yang jenis ATA, SATA, SCSI dan lainnya.
  • Perbedaan notebook dan netbook
    Jika dilihat secara sekilas, laptop atau yang biasa juga disebut dengan notebook maupun netbook memang terlihat hampir sama. Baik notebook maupun netbook, sama-sama memiliki layar LCD dan keyboard dalam bentuk yang sama. Dari segi ukuranpun sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Keduanya juga dijalankan dengan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Namun, ternyata hanya di situlah letak persamaan notebook dan netbook.
  • Jenis file video
    File video adalah sebuah jenis file digital yang menyimpan informasi karakteristik (metafile) serta pengkodean khusus dalam menyajikan susunan video yang ditanamkan. Jenis file video ini bermacam-macam tergantung pada siapa pengembangnya, media outputnya, teknologi pengkodeannya, perangkat lunak pemutarnya, perangkat lunak yang membuatnya serta sistem operasi yang mengenalinya. Yang umum kita kenal hanya beberapa saja seperti avi, mpg, mp4, 3gp karena ini yang paling sering kita gunakan. Ternyata selain itu masih banyak lagi jenis file video lainya yang sangat asing buat kita.

Kiriman terbaru