Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 5

Login Aplikasi web data mahasiswa

Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, sekarang sedikit saya kembangkan untuk melindungi ruang pengelolaan data mahasiswa dengan sistem login pengguna/user. Ini diperlukan hampir pada tiap aplikasi yang dibangun agar tidak semua orang yang mengakses halaman pengelola bisa langsung melihat atau melakukan perubahan data tanpa proses login terlebih dahulu. Silahkan simak artikel berikut.

Membuat tabel login pengguna aplikasi mahasiswa

Langkah pertama untuk membuat login adalah membuat desain tabel database myslq untuk menyimpan data user/pegguna. Untuk kasus ini saya buat sederhana dengan susunan :

Nama tabel : tb_pengguna

Field tabel :

  1. username tipe varchar (20) primary key
  2. password tipe varchar (255)
  3. nama tipe varchar (30)
  4. login_terakhir datetime

susunan query untuk membuat tabel pengguna

CREATE TABLE `db_datamhs`.`tb_pengguna` (
`username` VARCHAR( 20 ) NOT NULL ,
`password` VARCHAR( 255 ) NOT NULL ,
`nama` VARCHAR( 30 ) NOT NULL ,
`login_terakhir` DATETIME NOT NULL ,
PRIMARY KEY ( `username` )
) ENGINE = MYISAM ;

dan hasil view struktur tabelnya seperti gambar berikut :

view tabel pengguna pada phpmyadmin

Menyisipkan data awal pengguna aplikasi mahasiswa

Kemudian untuk simulasi ini saya input data awal secara manual melalui phpmyadmin (nanti kalo sudah ada adminnya baru dibuatkan menu untuk mengelola pengguna). Menambahnya bisa langsung tekan menu insert pada bagian atas informasi tabel pada phpmyadmin, seperti gambar :

insert data tabel pengguna pada phpmyadmin

Query Menambah data pengguna aplikasi mahasiswa

atau dengan susunan query :

INSERT INTO `db_datamhs`.`tb_pengguna` (
`username`,`password`,`nama`,`login_terakhir`
) VALUES ('admin', MD5( '12345' ) , 'Nama Admin', '2012-08-08 23:49:35');

Dalam tabel pengguna saya tambahkan user dengan password MD5(`12345`), ini maksudnya nanti password akan disimpan dalam mode algoritma sistem acak md5(Message-Digest algorithm 5) sehingga password tidak tersimpan dalam bentuk aslinya `12345' tapi dikodekan khusus dalam 128-bit.

Pada tabel juga saya tambahkan field login_terakhir yang nanti digunakan sebagai tempat mencatat tanggal dan jam login terakhir.

Masih ada tahap berikutnya yaitu membuat proses login dan mengamankan setiap halaman yang terhubung dengan pengelolaan data mahasiswa. Ini akan saya bahas pada artikel berikutnya yaitu bagian 6.

Semoga Bermanfaat, kritik saran, koreksi, pertanyaan jangan sungkan anda sampaikan. Silahkan berbagi buat yang lain jika ini menurut anda baik.

Zainal Hakim

Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 Bagian 2 - Bagian 3 - Bagian 4 - Bagian 5 - Bagian 6

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Membuat laporan dari php ke excel
    Dalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel.
  • Perintah include dan require dalam php
    Perintah require() dan include() dalam php digunakan untuk menyisipkan isi file tertentu menjadi bagian file yang memanggilnya. Keduanya sangat identik dalam banyak hal, kecuali cara penanganan kegagalan. include() menghasilkan suatu peringatan, sedangkan require() menghasilkan pesan kesalahan Fatal Error.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 2
    Melanjutkan artikel saya tentang bagaimana membuat aplikasi data mahasiswa dengan php bagian 1, pada bagian 2 ini akan saya bahas tentang bagaimana membuat form/formulir input data mahasiswa, membuat proses simpan dan upload photo mahasiswa.
  • Cara upload file dengan PHP Script
    Php memiliki fasilitas untuk mengirimkan file dari komputer pengguna melalui browser ke server sehingga kita tidak perlu lagi aplikasi khusus seperti ftp atau login ke panel hosting hanya untuk sekedar upload file biasa, dokumen, maupun gambar.
  • Cara membuat proses menyimpan data kedalam database mysql dengan php
    Untuk membuat proses penyimpanan data kedalam mysql dengan php kita harus membuat koneksi database, mengecek isi form, dan menjalankan perintah mysql untuk menyimpan data.

Kiriman terbaru