Membuat database mysql dalam cpanel hosting

Membuat database mysql dalam cpanel

Pada artikel berikut, saya akan berbagi informasi tentang bagaimana membuat database mysql dalam cpanel hosting. Informasi ini mungkin anda perlukan jika suatu saat ingin menempatkan aplikasi web atau membangun sebuah website dengan php dalam sebuah hosting di internet. Silahkan simak berikut ini.

Cpanel adalah jenis fasilitas yang diberikan oleh provider hosting untuk mengelola semua layanan yang berhubungan dengan hosting anda. Banyak sekali layanan yang bisa kita gunakan, diantaranya adalah pengaturan akun email, pengaturan sub domain, pengelolaan file, dan termasuk pengelolaan database mysql berbasis web.

Langkah pertama untuk mengelola database mysql, silahkan anda login dulu ke alamat cpanel hosting anda.

Cara login cpanel

Isikan username dan password yang sudah diberikan oleh provider hosting.

Setelah berhasil login, anda akan melihat tampilan menu utama seperti berikut ini :

Tampilan cpanel hosting

Kemudian cari ikon/menu untuk mengelola database mysql, seperti pada gambar yang saya tandai berikut :

Menu mysql database dalam cpanel

 Klik ikon dengan judul MySql Database, kemudian akan muncul sebuah halaman seperti berikut :

menambah database mysql

Silahkan isikan nama database mysql anda. Panjang Nama database umumnya 7 karakter. Setelah itu tekan tombol Create Database. Tunggu sampai ada konfirmasi berhasil mebuat database. Tekan back untuk kembali ke daftar database.

Langkah berikutnya adalah menambahkan user dalam sistem database mysql seperti pada gambar berikut :

user database mysql

Silahkan isikan username dan password. Usahakan indikator kekuatan password pada level hijau (Very strong), anda bisa gunakan password generator untuk membuat password yang ampuh. Jika sudah tinggal tekan tombol create user. Tunggu proses sampai ada konfirmasi berhasil, lalu tekan back.

Langkah berikutnya adalah menghubungkan database dengan user yang sudah kita buat. Lihat pada bagian bawah halaman seprti gambar berikut :

menghubungkan user dengan database

Pilih nama user serta nama database yang ingin anda hubungkan seperti gambar diatas, kemudian tekan add. Setelah itu akan muncul pengaturan hak dari user (user previllage) seperti gambar berikut :

mysql user previllage

Anda bisa sesuaikan dengan keperluan akses usernya, jika semua akses diberikan maka contreng semuanya dan tekan Make Changes. Tunggu proses sampai ada konfirmasi berhasil.

Database serta user mysql sudah berhasil kita buat, tinggal memasukkan susunan tabel dalam database yang sudah kita buat. Klik Menu Home, pada bagian kiri halaman untuk kembali ke halaman utama cpanel.

Cara Membuat tabel database mysql dalam cpanel

Untuk membuat tabel, caranya hampir sama seperti anda bekerja di localhost. Namun sebelumnya anda harus masuk ke fasilitas pengelolaan mysql yaitu phpmyadmin. Di halaman utama cpanel, silahkan cari pilihan menu phpmyadmin seperti gambar berikut :

cpanel phpmyadmin

Tampilan phpmyadmin tidak berbeda dengan yang sudah anda kenal, lihat gambar berikut :

tampilan phpmyadmin dalam cpanel

Jadi jangan bingung menggunakanya, dari sini anda bisa pilih daftar database yang ada di kiri hamaman, dan dapat melakukan operasi lain pada bagian kanan halaman. Untuk lanjutanya, silahkan anda baca artikel saya tentang cara membuat tabel dalam phpmyadmin.

Jika ada pertanyaan atau koreksi, silahkan anda masukkan pada komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Mengambil dan menyimpan tanggal otomatis mysql
    Mengambil dan menyimpan tanggal otomatis mysql sering kita perlukan dalam sebuah transaksi data. Misal pada saat anda menyimpan data ingin menyisipkan sebuah field tanggal yang isinya adalah tanggal dan jam otomatis sesuai waktu input data.
  • Operasi Matematika dalam Mysql
    Operasi matematika dalam mysql sering dijadikan alternatif yang paling efektif dalam menghasilkan sebuah laporan yang detail karena dapat meminimalkan penggunaan memori serta mempermudah penyusunan koding program.
  • Jenis query pada mysql
    Mysql query adalah perintah atau instruksi yang dapat digunakan untuk mengelola database atau tabel mysql. Query juga dikenal dengan SQL (Structured Query Language) yang artinya adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan dalam mengelola basis data atau database. Secara umum ada 2 jenis query pada mysql yaitu DML dan DML.
  • Menampilkan data acak dari mysql
    Pada dasarnya setiap kita menampilkan data melalui query, mysql akan menampilkan data secara urutan memasukkan datanya, yang terakhir akan berada dipaling bawah. Bagaimana jika kita ingin menampilkan datanya secara acak.
  • Mengganti password mysql lewat phpmyadmin
    Database Mysql memiliki user default/bawaan yaitu root dengan password kosong (tanpa password). Sering kali kita mengabaikan hal ini dan membiarkan sistem database mysql bisa diakses dengan mudah. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana mengganti password atau menambahkan user pada database mysql melalui phpmyadmin.

Kiriman terbaru