Membuat function di php

membuat function dalam php

Function adalah kumpulan baris program yang digunakan untuk melakukan proses tertentu dengan tujuan yang sama. Function akan mengembalikan nilai atau hasil yang sudah diproses kepada rutin atau variabel yang menggunakannya. Function dibuat agar program utama dapat ditulis lebih sederhana dan pengulangan proses dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dalam php terdapat tiga jenis function yang bisa dijalankan yaitu User-defined, internal dan anonymous functions. Pada artikel berikut saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat function sediri (User Defined) dalam php.

Apa saja jenis function dalam php?

Seperti pada penjelasan singkat saya diatas, bahwa dalam php terdapat 3 jenis function yaitu :

  1. User-defined
    Function jenis ini adalah fungsi yang dibuat sendiri oleh si programmer agar dapat melakukan proses sesuai dengan apa yang diinginkan. Artinya alur program akan diatur oleh logika yang disusun oleh si programmer
     
  2. Internal
    Internal function adalah fungsi bawaaan yang sudah disediakan oleh php. Contohnya : mysql_connect(), str_replace(), substr() dll. Penulisan yang salah dalam pemanggilan fungsi ini dapat menimbulkan pesan error pada saat program dijalankan.
     
  3. Anonymous functions
    Function jenis ini agak jarang digunakan karena scope kerjanya cukup kecil dan merupakan fungsi yang tidak bernama.
    Contohnya :
    <?php
    $greet = function($name)
    {
        printf("Hello %s\r\n", $name);
    };
    $greet('World');
    $greet('PHP');
    ?>

Bagaimana memanggil function dalam php?

Secara umum untuk memanggil function dalam php sangat mudah, misal kita ingin menggunakan fungsi ubah tulisan ke huruf kecil, maka penulisannya seperti berikut :

<?php
  $text = strtolower("HELLOOO");
?>

Ada beberapa kondisi juga sesuai fungsinya (untuk fungsi buatan) kita bisa panggil dengan cara :

<?php
  cetakHeader();
?>

Bagaimana membuat sendiri function?

Fungsi sendiri kita perlukan jika proses dilakukan secara berulang. Bisa berlaku untuk menuliskan ke layar atau sekedar melakukan proses dan mengembalikan nilainya ke program pemanggil. Contoh paling sederhana struktur function ditulis seperti berikut :

<?php
function coba1()
{
  //kode program
}
//contoh lain
function coba2($var)
{
  //kode program
  return $nilai; //mengembalikan nilai
}
//cara memanggilnya
coba1();
$var_a=coba2($var);
?>

Contoh implementasi secara lengkap misal dalam menuliskan text dan melakukan perhitungan :

<?php
//contoh fungsi menuliskan ke layar
function coba1()
{
  echo "<h1>Hello</h1>";
  echo "<hr />";
  echo "<p align=center>Contoh Function</p>";
}
//contoh melakukan perhitungan
function coba2($var1,$var2)
{
  $nilai=$var1+$var2;
  return $nilai; //mengembalikan nilai
}
//cara memanggilnya
coba1();
echo coba2(10,12);
?>

Dengan penulisan fungsi yang benar maka kita bisa menghemat waktu dan menyederhanakan penulisan bagian program utama.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Membuat animasi flash dengan php
    Anda mungkin sudah mengenal apa itu flash, yaitu sebuah jenis media digital yang bisa menampilkan gambar, tulisan dan memutar audio. Flash ini sering digunakan untuk membuat animasi yang ditampilkan di internet. Flash atau yang sering disebut animasi flash ini umumnya dibuat dengan aplikasi khusus seperti Adobe Flash. Tapi kita juga bisa membuatnya dengan php, walaupun hanya dengan animasi-animasi sederhana.
  • Mengurutkan data mysql dalam laporan php
    Data biasanya diinput dengan cara tak beraturan, bisa saja nama yang awalan Z lebih dulu dimasukkan, atau nomor urut yang lebih besar lebih duluan tergantung data mana yang lebih awal disiapkan. Dan jika dibuatkan laporannya dengan cara biasa saja, tentunya akan muncul sesuai dengan urutan memasukkan datanya ke dalam database. Bagaimana cara mengurutkan data tersebut dalam laporan php?
  • Membuat nomor transaksi diawali 0000
    Jika kita membuat aplikasi yang berhubungan dengan proses transaksi maka akan membuat penomoran secara otomatis yang format nomornya terdiri dari beberapa angka sesuai urutan transaksinya. Nomor transaksi biasanya diawali dari angka terkecil yaitu satu tapi ditampilkan dalam digit angka ratusan atau ribuan. Misal untuk transaksi no 1 maka akan ditampilkan dengan angka 001 atau 0001.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1
    Pada artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah secara lengkap membuat aplikasi data mahasiswa dengan php. Bahasan akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu Langkah Membuat database, Membuat koneksi database, membuat menu utama, membuat form input data, membuat proses simpan dan upload gambar, membuat laporan membuat pencarian, membuat delete data, membuat form update, membuat proses update, membuat tabel login, membuat proses login, dan terakhir membuat proses logout.
  • Membaca file dengan php
    Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah membaca file.

Kiriman terbaru