Membuat laporan dari php ke excel

Membuat laporan php ke excelDalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel. Semuanya bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data lebih lanjut ke berbagai keperluan. Berikut ini saya akan berbagi tentang cara mudah membuat laporan dari php ke excel.

Kalau anda browsing, dan sudah mencari toturial bagaimana membuat laporan dari php ke excel mungkin akan menemukan banyak cara, dari yang menggunakan komponen khusus sampai yang paling sederhana. Semua cara yang disampaikan tentunya sudah pernah dicoba oleh penulisnya, hanya saja cara menuliskan kode programnya yang berbeda.

Pada tulisan ini saya akan menjelaskan singkat saja, tidak perlu modifikasi banyak terhadap laporan yang mungkin anda sudah buat, cukup menambahkan beberapa baris.

Misal anda punya sebuah laporan data pegawai, atau data barang yang sudah anda buat sebelumnya seperti berikut :

Contoh Laporan Data Pegawai

Mungkin saja punya anda lebih rumit lagi, tapi ada beberapa bagian laporan yang tidak perlu anda export ke excel, yang artinya anda harus membuang bagian-bagian yang tidak perlu tersebut. Contoh pada gambar diatas, di laporan excel nanti tidak perlu ada kolom tandai, tidak perlu tombol tambah data, dan tidak perlu ada bagian pencarian. Oleh karena itu anda harus membuangnya.

Sebelum membuang bagian-bagian yang tidak perlu tersebut (untuk membuat laporan excel), anda sebaiknya simpan dengan nama berbeda, misal laporan-excel.php (ini penting karena yang akan kita tambahkan script excel adalah file yang sudah kita ubah tersebut). Sehingga hasil akhir tampilanya dengan nama file laporan-excel.php seperti gambar berikut :

contoh laporan data pegawai

Setelah anda simpan di file berbeda dan tampilan yang berbeda, tinggal kita tambahkan perintah php berikut pada paling atas script laporan anda :

<?php
header("Content-type: application/octet-stream");
header("Content-Disposition: attachment; filename=contoh-pegawai.xls");//ganti nama sesuai keperluan
header("Pragma: no-cache");
header("Expires: 0");
//disini script laporan anda
?>

Perintah diatas, tujuanya adalah mengenalkan laporan anda pada prowser sebagai file excel dengan ekstensi xls. Sehingga pada saat halaman laporan dengan nama laporan-excel.php anda jalankan, maka browser akan mengirim laporan bukan bentuk tampilan, tapi dalam bentuk file excel. File excel ini bisa dikenali baik oleh apllikasi MS. Excel semua versi.

Silahkan anda dowload Contoh Membuat laporan dari php ke excel ini.

Gampang kan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Menampilkan data mysql dalam list menu dengan php
    List menu atau yang sering disebut combo box adalah sebuah objek dalam form yang disediakan oleh HTML. List menu digunakan untuk menampilkan pilihan yang umumnya bersifat statis misal pilihan nama kota, nama kategori, jenis jabatan dll. Bagaimana seandainya kita ingin menampilkan pilihan dengan sumber datanya dari mysql? Saya akan jelaskan langkahnya pada artikel berikut.
  • Membuat database dan tabel mysql dengan php
    Cara umum membuat database dan tabel mysql menggunakan command line di mysql atau dengan alat bantu seperti phpmyadmin atau aplikasi pengelola mysql lainya. Bagaimana jika kita ingin menyusun sendiri proses pembuatan database dan tabel tersebut dengan php? Proses ini akan diperlukan jika kita ingin membuat sebuah paket aplikasi yang dilengkapi dengan tahapan installasi seperti aplikasi CMS.
  • Perbedaan php dengan javascript dan html
    Apa perbedaan php dengan javascript? atau apa perbedaan php dengan html? pertanyaan ini seringkali muncul jika anda mulai mengenal bahasa pemrograman web. Ketiga bahasa pemrograman ini ternyata saling terkait dalam membangun sebuah web yang dinamis dan interaktif.
  • Fungsi break dan continue dalam php
    Fungsi break dalam php digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php : for, foreach, while, do-while atau switch. Sedangkan continue digunakan untuk melanjutkan proses pada perintah perulangan for dengan php. Kedua fungsi ini (break dan continue) memang tidak selalu digunakan, karena setiap kasus mungkin saja berbeda keperluan. Pada kasus seperti apa anda memerlukan fungsi break dan continue?
  • Variasi cara menulis ke layar dengan php
    Artikel ini mungkin tak semenarik judulnya Variasi cara menulis ke layar dengan php, tapi sering kali saya menemui orang yang sedang belajar php bingung jika melihat beberapa variasi penggunaan kode php untuk menulis ke layar. Pada artikel ini saya akan buatkan beberapa contoh cara menampilkan tulisan/gambar ke layar dengan php.

Kiriman terbaru