Membuat tulisan berjalan dalam website

Kategori HTMLDalam perintah HTML sudah tersedia perintah untuk menggerakkan objek berupa tulisan atau gambar dengan perintah <marquee>TEXT</marque>.

Dengan perintah tersebut objek yang berada diantaranya secara otomatis akan bergerak dari kanan kekiri secara horizontal. Untuk beberapa keperluan kita bisa tambahkan beberapa atribut bawaan yang bisa disesuaikan. Atribut adalah opsi pilihan yang bisa kita tempelkan pada perintah utama marquee. Beberapa atribut tersebut yaitu :

  1. direction : digunakan untuk mengubah arah pergerakan. Atribut ini bisa diberi nilai : up (bawah ke atas), down (atas ke bawah), left (dari kanan ke kiri), dan right (dari kiri ke kanan).
  2. scrollamount : digunakan untuk mengatur lompatan karakter pada tiap gerakan. Atribut ini bisa diberi nilai minimal 1. Semakin besar nilainya berarti akan semakin besar jarak lompatan karakternya sehingga akan cepat sampai ke titik akhir.
  3. scrolldelay : digunakan untuk mengatur cepatnya pergerakan. Atribut ini bisa diberi nilai minimal 1. Semakin besar berarti semakin cepat pergerakanya.

Perubahan kombinasi nilai scrollamount dan scrolldelay akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan halus tidaknya pergerakan objek. Jadi harus diatur agar dilihat bagus.
Berikut saya contohkan penggunaan :

<marquee scrollDelay="10" scrollamount="3" direction="right">Selamat datang di website saya</marquee>

Hasil tampilan kode diatas :

Selamat datang di website saya

 Kita bisa juga tambahkan opsi agar pergerakan objek bisa dikontrol oleh mouse, sehingga jika korsur mouse digerakkan diatasnya maka objek berhenti bergerak, dan jika dipindah maka bergerak kembali. Berikut contoh kodenya :

<marquee onmouseover='this.stop()' onmouseout='this.start()' direction="right" scrollDelay="10" scrollamount="3">Selamat datang di website kami</marquee>

Hasil dari kode diatas :

Selamat datang di website saya

Bedakan kode dan hasilnya dari kode sebelumnya, ada tambahan onmouseover='this.stop()' onmouseout='this.start()' yang mempengaruhi pergerakan jalan dan berhenti objek.

Kode HTML diatas bisa anda gunakan untuk menambah animasi pada halaman blog/website anda. Caranya copy kode diatas dan sisipkan dalam blok body halaman web anda.

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Cara memasukkan gambar dalam halaman web
    Panduan cara memasukkan gambar dalam halaman web/blog dengan kode html, lengkap dengan tips optimalisasinya. Untuk memasukkan gambar dalam web sekarang memang sudah dimudahkan dengan bantuan editor visual yang langsung membuat kode otomatis HTML secara instan, tapi tidak ada salahnya anda mengetahui cara teknis menyisipkanya.
  • Contoh penggunaan HTML5
    Pada tulisan sebelumnya, saya sudah mengenalkan sedikit tentang HTML5 yang meluputi fitur-fitur terbaru serta unggulan yang sudah disediakan dan bisa digunakan asalkan browsernya sudah mendukung. Berikut ini saya akan membuatkan beberapa contoh tag cara penulisan dan penggunaan HTML5.
  • Perbedaan id dan name dalam html
    Dua atribut HTML ini (id dan name) mungkin sedikit bikin bingung karena kurang mengetahui fungsinya. Masing-masing sering digunakan, kadang id dan name digunakan terpisah dan sering pula digunakan bersamaan. Apa Perbedaan id dan name dalam html dan kapan menggunakan id dan kapan menggunakan name?
  • Cara memasukkan file flash ke halaman website
    Berikut ini tutorial tentang memasukkan file animasi flash ke dalam halaman website atau blog dengan perintah html. Flash adalah salah satu jenis hasil karya multimedia yang dapat digunakan untuk menampilkan animasi berbentuk gambar, tulisan, video, dan suara dengan kualitas yang cukup baik.
  • Mengenal HTML5
    HTML5 adalah versi terbaru teknologi hypertext/web yang sekarang ini masih dalam tahap pengembangan. HTML5 ini akan menjadi trend teknologi internet masa depan karena sudah diperkaya dengan fitur-fitur ungulan yang tentunya akan menjadi standard pengembangan media informasi berbasis web.

Kiriman terbaru