Menampilkan latar gambar/background secara acak dengan php

Random BackgroundMetode yang saya gunakan untuk menampilkan gambar latar secara acak adalah menggunakan PHP dan CSS.

Singkat saja, pertama kita menyiapkan beberapa gambar untuk background dengan format nama file bg-01.jpg, bg-02.jpg  dst  kemudian disimpan dengan dalam 1 folder misal images.

Kemudian kita membuat/menyisipkan kode php pada bagian halamannya, karena kodenya php digabung dengan css maka meletakkan kodenya pada bagian <head></head> atau sebelum <body>.

Sisipkan perintah berikut :

<?php
  $bg = array('images/bg-01.jpg', 'images/bg-02.jpg', 'images/bg-03.jpg', 'images/bg-04.jpg', 'images/bg-05.jpg'); // kita masukkan gambar dalam susunan array
  $i = rand(0, count($bg)-1); // melakukan acak angka sejumlah gambar dalam array
  $latargambar = "$bg[$i]"; // memindah hasil acak kedalam variabel latargambar
?>

Kemudian kita tambahkan css untuk menampilkan latar gambar dengan kode berikut :

<style type="text/css">
body{
   background: url("<?php echo $latargambar ; ?>");
}
</style>

Lihat demo

Anda juga bisa kembangkan ke model database sehingga nama-nama file gambar tersimpan dalam database dan dipanggil secara acak

Selamat berkreasi

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Membuat nomor urut harian dengan php
    Ada teman bertanya, bagaimana membuat nomor urut yang setiap hari kembali ke awal? Secara logic prosesnya cukup sederhana yaitu melakukan pengecekan pada tabel mysql yang sudah dibuat apakah ada data hari sesuai tanggal sistem. Jika ada maka ambil dan tambahkan nilainya, kemudian perbaharui datanya. Jika tidak ada maka buat record baru dengan?tanggal tersebut kemudian set nilai urutan 1.
  • Fungsi break dan continue dalam php
    Fungsi break dalam php digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php : for, foreach, while, do-while atau switch. Sedangkan continue digunakan untuk melanjutkan proses pada perintah perulangan for dengan php. Kedua fungsi ini (break dan continue) memang tidak selalu digunakan, karena setiap kasus mungkin saja berbeda keperluan. Pada kasus seperti apa anda memerlukan fungsi break dan continue?
  • Mengurutkan data mysql dalam laporan php
    Data biasanya diinput dengan cara tak beraturan, bisa saja nama yang awalan Z lebih dulu dimasukkan, atau nomor urut yang lebih besar lebih duluan tergantung data mana yang lebih awal disiapkan. Dan jika dibuatkan laporannya dengan cara biasa saja, tentunya akan muncul sesuai dengan urutan memasukkan datanya ke dalam database. Bagaimana cara mengurutkan data tersebut dalam laporan php?
  • Membuat database dan tabel mysql dengan php
    Cara umum membuat database dan tabel mysql menggunakan command line di mysql atau dengan alat bantu seperti phpmyadmin atau aplikasi pengelola mysql lainya. Bagaimana jika kita ingin menyusun sendiri proses pembuatan database dan tabel tersebut dengan php? Proses ini akan diperlukan jika kita ingin membuat sebuah paket aplikasi yang dilengkapi dengan tahapan installasi seperti aplikasi CMS.
  • Membuat pesan error sendiri dengan php
    Pesan error yang sering kita temui di lingkungan pemrograman php sangat beragam tergantung proses apa yang sedang dilakukan. Contoh paling gampang seperti gagalnya melakukan koneksi database, gagalnya menjalankan query, atau salahnya penggunaan sebuah function. Secara mendasar memang semua error akan muncul dilayar tanpa diminta dengan format seadanya (bawaan php). Bagaimana jika kita ingin membuat bentuk tampilan error sendiri?? ini bisa kita lakukan selama yang salah bukan cara penulisan phpnya. Caranya akan saya bahas pada artikel ini.

Kiriman terbaru