Menampilkan sumber kunjungan halaman dengan php

Setiap kita membuka halaman web dengan bantuan browser, jejak sumber kunjungan setiap halaman web direkam oleh browser dan terkirim kedalam server yang diakses. Rekam jejak tersebut akan terus dibawa ke setiap halaman yang kita buka sampai kita menutup aplikasi browser tersebut.

Selain merekam asal mula kunjungan, browser juga mencatat beberapa informasi lain yang juga akan tersimpan dan dapat diambil oleh sistem lain yang berhubungan dengan aktivitas kita selama membuka sebuah halaman menggunakan browser. Informasi yang direkam khusus untuk keperluan informasi sumber akses saja yang sifatnya memang bukan rahasia. Jadi jika anda hanya membuka sebuah halaman kemudian tidak ada aktivitas apapun dengan halaman tersebut maka tidak ada informasi yang direkam.

Cara menampilkan sumber referensi halaman

Dalam tutorial berikut saya hanya akan mencontohkan bagaimana mengambil informasi sumber kunjungan pada halaman web dengan php.

Ilustrasi singkat :

Misal Kita punya beberapa halaman Web dengan nama file :
pertama.php, kedua.php, ketiga.php, keempat.php yang isinya masing-masing saya buat sama agar dapat mengetahui dari mana sumber kunjungan pada halaman tersebut.

Nama File pertama.php

<?php
$ref = $_SERVER['HTTP_REFERER']; //ini perintah utama mengambil alamat sumber
echo "<h1>Referensi Halaman : <br/>".$ref."</h1>";

echo '<p><a href="pertama.php">Referensi 1</a></p>';
echo '<p><a href="kedua.php">Referensi 2</a></p>';
echo '<p><a href="ketiga.php">Referensi 3</a></p>';
echo '<p><a href="keempat.php">Referensi 4</a></p>';
?>

File kedua.php, ketiga.php dan keempat.php isinya sama diatas

Anda bisa mencobanya pertama kali mengakses file pertama.php

Contoh alamat sumber kunjungan dengan php

Pada saat file pertama diakses maka alamat sumber kunjungan tidak ada karena anda membukanya secara langsung tanpa melalu link antar halaman.

Jika anda klik ke link kedua maka akan muncul alamat sumber dari link pertama

Contoh alamat sumber kunjungan dengan php

Jika anda klik ke link keempat maka akan muncul sumber terakhir dari link kedua

Contoh alamat sumber kunjungan dengan php

Dari halaman keempat, jika anda klik halaman pertama (sebelumnya tidak ada sumber) maka akan muncul sumber dari halaman keempat

Contoh alamat sumber kunjungan dengan php

 

Dari contoh yang saya buat mungkin anda sudah mengerti apa yang saya maksud sumber kunjungan tiap halaman yang kita akses akan merujuk kepada halaman sebelumnya dan semua itu bisa kita tampilkan dengan PHP.

Demo dari penggunaan perintah php ini bisa anda lihat di : https://www.zainalhakim.web.id/demo/referensi-halaman/

Semoga bermanfaat

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Membuat form kontak dengan html dan php
    Form kontak adalah salah satu bagian penting yang harus ada dalam sebuah website. Anda bisa lihat website-website yang pernah anda kunjungi, semuanya pasti menyediakan form kontak ini.
  • Mengenal variabel dan keterangan dalam php
    PHP juga memiliki data penampung sementara yang disebut variabel seperti halnya bahasa pemrograman lainnya. Tapi sedikit ada perbedaan cara penulisanya jika anda terbiasa dengan bahasa pemrograman lain. Silahkan simak berikut ini.
  • Mengurutkan data mysql dalam laporan php
    Data biasanya diinput dengan cara tak beraturan, bisa saja nama yang awalan Z lebih dulu dimasukkan, atau nomor urut yang lebih besar lebih duluan tergantung data mana yang lebih awal disiapkan. Dan jika dibuatkan laporannya dengan cara biasa saja, tentunya akan muncul sesuai dengan urutan memasukkan datanya ke dalam database. Bagaimana cara mengurutkan data tersebut dalam laporan php?
  • Menampilkan data mysql dalam list menu dengan php
    List menu atau yang sering disebut combo box adalah sebuah objek dalam form yang disediakan oleh HTML. List menu digunakan untuk menampilkan pilihan yang umumnya bersifat statis misal pilihan nama kota, nama kategori, jenis jabatan dll. Bagaimana seandainya kita ingin menampilkan pilihan dengan sumber datanya dari mysql? Saya akan jelaskan langkahnya pada artikel berikut.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 3
    Proses tahap awal dari membuat database, tabel, membuat formulir input data mahasiswa, proses simpan dan upload photo mahasiswa sudah dilakukan pada artikel Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 dan Bagian 2, sekarang membuat laporan hasil input data mahasiswa. Laporan ini akan dibuat menghubungkan kebeberapa bagian yaitu pencarian data mahasiswa, delete/menghapus data mahasiswa dan mengupdate data mahasiswa. Silahkan menyimak tahapan lanjutan berikut ini.

Kiriman terbaru