Mengenal aplikasi untuk membuat Blog

cara merancang blog pribadi

Bagaimana cara membuat Blog? Apakah membuat blog itu harus membayar? Pertanyaan itu sering muncul ketika seseorang ingin membuat blog. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat blog, baik yang bersifat gratis maupun berbayar. Pada bagian ini akan diuraikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat blog secara gratis.

  1. Blogger (https://www.blogspot.com): adalah sebuah layanan publikasi blog yang didirikan oleh Pyra Labs, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.
    • Blogger menawarkan dukungan blog multi-pengarang, yang memungkinkan pengguna membuat sebuah blog untuk kelompok (group blog).
    • Blogger mendukung layanan Google AdSense sebagai sebuah cara bagi pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka.
    • Blogger menawarkan fitur pengubahan templat, yang mengijinkan pengguna mengubah desain templat blog sesuai keinginan mereka.
    • Perlu diingat, ketika mendaftar pada penyedia blog ini, alamat blog akan berubah menjadi blogspot.com, contoh: https://namaanda.blogspot.com. Nama pengelola blog akan diletakkan di bagian awal yang menandakan sebagai sub domain.
  1. Blogsome (https://www.blogsome.com): adalah salah satu hosting blog yang mempergunakan Wordpress sebagai engine blog. Sebenarnya masih ada lagi hosting lainnya yang menyediakan Wordpress sebagai engine blog seperti misalnya Blogthing, namun sampai saat ini entah mengapa masih banyak beberapa rekan dari Indonesia mempergunakan blogsome sebagai hosting blog pribadi.
  1. Multiply (https://www.multiply.com): adalah sebuah situs jaringan sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi beberapa media, seperti foto, video, maupun blog. Multiply.com menyediakan layanan blog. Blog yang di-posting ke Multiply.com dapat secara otomatis diteruskan ke akun LiveJournal, Blogger atau TypePad. Dimungkinkan pula untuk mem-posting melalui e-mail atau MMS. Pengguna juga dapat memberikan komentar terhadap sebuah film atau buku, atau juga untuk berbagi acara berdasarkan kalender.
  1. WordPress (https://www.wordpress.com): adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung sistem basis data MySQL. WordPress adalah penerus resmi dari b2\cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman dari ketua developer, Matt Mullenweg. Rilis terbaru WordPress adalah versi 2.7. WordPress didistribusikan dengan lisensi GNU General Public License.

Dengan melihat beberapa aplikasi tersebut di atas, anda dapat memilih salah satu sesuai keinginan. Namun pada pembahasan ini, akan menjelaskan pengelolaan blog menggunakan Wordpress. Ada beberapa alasan menggunakan Wordpress yaitu: fitur lebih sederhana dan user friendly, tampilan tema cukup bervariasi, fasilitas lengkap untuk mengelola artikel dalam bentuk teks, gambar, audio, maupun video.

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Tips memilih nama domain untuk web atau blog pribadi
    Domain merupakan sebuah nama unik yang diberikan untuk mempermudah pengunjung mendatangi website atau blog kita. Dengan pemilihan nama yang tepat orang akan selalu mengingat dan mengunjunginya kembali.
  • Hati-hati penipuan berkedok pembeli online
    Yang namanya kejahatan kayanya gak pernah kehabisan akal, mungkin tambah canggih aja. Sudah sering terdengar cerita teman atau saudara yang dapat sms sebagai pemenang undian dari operator selular atau sebuah produk dan ujung-ujungnya ternyata penipuan.
  • Kamus Istilah dalam dunia Adsense
    Banyak istilah dalam adsense yang bagi kita masih asing, silahkan simak daftarnya disini.
  • Kamus Istilah dalam dunia internet - A
    Kamus Istilah dalam dunia internet
  • Mengenal istilah blog
    Pada awal munculnya Blog, aplikasi ini sering digunakan orang untuk menulis catatan kegiatan. Kala itu, blog berperan seperti catatan harian (diary) yang hanya berisi ungkapan perasaan seseorang. Namun perkembangan selanjutnya, Blog dimanfaatkan untuk membangun image branding, memperkuat diri sebagai tought leader melalui ide-ide dan inovasi baru, sarana komunikasi dan hubungan masyarakat, sarana pendidikan secara online dan masih banyak lagi manfaat lain.

Kiriman terbaru