Mengenal HTML5

struktur dasar html5HTML5 adalah versi terbaru teknologi hypertext/web yang sekarang ini masih dalam tahap pengembangan. HTML5 ini akan menjadi trend teknologi internet masa depan karena sudah diperkaya dengan fitur-fitur ungulan yang tentunya akan menjadi standard pengembangan media informasi berbasis web.

Sekarang HTML5 sudah mulai digunakan pada beberapa situs-situs besar sebagai uji coba kelayakan fitur serta teknologi baru yang masih terus dikembangkan dari versi sebelumnya yaitu HTML 4.01. Fitur serta perbaikan yang ditanamkan dalam teknologi ini dintaranya adalah video dan audio, database lokal dan css3. Ada beberapa tambahan elemen serta atribut yang memungkinkan HTML5 ini lebih baik dari sebelumnya, walaupun secara mendasar perintah-perintah yang digunakan sangat mirip dengan HTML versi 4.01.

Contoh Struktur Dasar HTML5

<!doctype html>
<html>
  <head>
    <meta charset="UTF-8">
    <title>Judul halaman</title>
  </head>
  <body>
    <p>Contoh Isi Halaman</p>
  </body>
</html>

Dari beberapa referensi yang saya baca, fitur yang dominan dalam HTML5 ini yaitu :

Fitur Multimedia

Dalam HTML5 kita bisa menambahkan video dan audio lebih mudah tanpa memerlukan komponen/librari tambahan.

<video>...</video>

<audio>..</audio>

Fitur Grafik

HTML5 menyediakan cara menanamkan objek gambar secara instan dengan fitur <svg>...</svg> untuk menambahkan jenis gambar SVG(Scalable Vector Graphics) dan <canvas>..</canvas> untuk membuat gambar.

Fitur Aplikasi

HTML5 juga menambahkan fitur aplikasi yang diperkaya dengan database lokal sehingga memungkinkan informasi disajikan lebih dinamis.

Selain tambahan fitur-fitur diatas masih banyak lagi yang lainnya seperti penambahan objek form dengan input tanggal, bulan, tahun, pengecekan form, dll, penambahan struktur seperti header, footer, article, dll. Selain penambahan struktur penulisan juga kemungkinan akan ada pemangkasan perintah-perintah yang dirasa kurang optimal.

Karena html5 ini masih dalam tahap pengembangan maka sekarang ini para pengembang perangkat lunak browser juga berlomba dalam mengembangkan aplikasi yang mereka buat agar nantinya pada saat resmi diluncurkan HTML5, semua browser sudah mendukung.

Info : Sementara ini, hanya beberapa browser terkemuka yang bisa menampilkan HTML5.

Untuk mengecek apakah browser anda sudah mendukung HTML5 atau belum silahkan kunjungi situs : https://html5test.com

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

Bahan Referensi :
https://www.w3schools.com/html/html5_intro.asp
https://www.w3.org/TR/html5-diff/
https://webdesign.about.com/od/html5/a/html_5_whats_new.htm

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Cara membuat form dengan HTML
    Sebuah web yang ideal bukan hanya bisa memberikan informasi tapi juga harus memiliki fasilitas untuk menerima masukan dari pengunjungnya seperti buku tamu, komentar atau fasilitas lainya. Untuk bisa menerima masukan berarti halaman web harus menyedikan fo
  • Cara mengganti background blog atau website
    Untuk mengganti background blog atau website tentunya anda harus punya akses untuk memodifikasi susunan kode halamannya, baik lewat control panel, ftp maupun fasilitas yang sudah disediakan sistem kelola kontent (CMS). Setelah itu baru kita bisa lakukan dengan dua cara berikut
  • Contoh penggunaan HTML5
    Pada tulisan sebelumnya, saya sudah mengenalkan sedikit tentang HTML5 yang meluputi fitur-fitur terbaru serta unggulan yang sudah disediakan dan bisa digunakan asalkan browsernya sudah mendukung. Berikut ini saya akan membuatkan beberapa contoh tag cara penulisan dan penggunaan HTML5.
  • Membuat menu pada bidang gambar
    Mungkin sudah jarang sekali kita temui menu sebuah web yang hanya dibuat dengan gambar sehingga banyak pilihan menu/link halamannya diletakkan pada gambar itu juga. Umumnya sekarang gambar hanya digunakan pada bagian tertentu saja dan ukurannya pun tidak terlalu besar.
  • Perbedaan id dan name dalam html
    Dua atribut HTML ini (id dan name) mungkin sedikit bikin bingung karena kurang mengetahui fungsinya. Masing-masing sering digunakan, kadang id dan name digunakan terpisah dan sering pula digunakan bersamaan. Apa Perbedaan id dan name dalam html dan kapan menggunakan id dan kapan menggunakan name?

Kiriman terbaru