Mengenal variabel dan keterangan dalam php

PHPVariabel berfungsi menyimpan nilai yang dapat diubah sewaktu-waktu. Aturan pemberian nama variabel dalam PHP diantaranya yaitu :

  1. Karakter yang dapat digunakan, yaitu huruf, angka dan garis bawah (_)
  2. Karakter pertama harus huruf atau garis bawah (tidak boleh angka)
  3. Sebelum karakter pertama diawali dengan tanda $
  4. Panjang variabel bisa sampai 256 karakter
  5. Huruf besar dan kecil dibedakan (bersifat case sensitif)
    Misal $var1 tidak sama dengan $Var1 (lihat huruf awal kecil dan besar berbeda)

Itu diantara hal-hal wajib yang anda harus ikuti jika membuat program dari php. Jika diabaikan akan muncul pesan error dan tidak bisa melanjutkan eksekusi program. Berikut contoh singkat penulisan variavel dalam php :

<?php //awal php

$nama="Zainal Hakim";
$alamat="Banjarmasi";
//itu contoh variabel

//anda bisa sisipkan keterangan dengan cara menambahkan 2 garis miring diawal keterangan
//Ini cara menampilkan nilai variabel ke layar

echo "Nama : ".$nama."<br />"; //<br /> merupakan perintah html untuk pindah baris
echo "Alamat : ".$alamat;

?>

Jika ada pertanyaan jangan sungkan beri komentar.

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Menghapus file dengan php
    Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah menghapus file. Berikut ini caranya.
  • Variasi cara menulis ke layar dengan php
    Artikel ini mungkin tak semenarik judulnya Variasi cara menulis ke layar dengan php, tapi sering kali saya menemui orang yang sedang belajar php bingung jika melihat beberapa variasi penggunaan kode php untuk menulis ke layar. Pada artikel ini saya akan buatkan beberapa contoh cara menampilkan tulisan/gambar ke layar dengan php.
  • Mengubah format tanggal mysql menjadi indonesia dalam php
    Anda mungkin sudah mengetahui kalau format tanggal yang disimpan dalam database mysql adalah tahun-bulan-tanggal. Pada saat kita menampilkan data tanpa ada perintah perubahan seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang mengubah tampilan format tanggal mysql, maka tentunya output ke layar akan tetap sama
  • Menampilkan sumber kunjungan halaman dengan php
    Setiap kita membuka halaman web dengan bantuan browser, jejak sumber kunjungan tersebut direkam oleh browser dan terkirim kedalam server yang diakses. Rekam jejak tersebut akan terus dibawa ke setiap halaman yang kita buka sampai kita menutup aplikasi browser tersebut. Berikut ini cara menampilkan sumber kunjungan halaman dengan php
  • Membuat nomor transaksi diawali 0000
    Jika kita membuat aplikasi yang berhubungan dengan proses transaksi maka akan membuat penomoran secara otomatis yang format nomornya terdiri dari beberapa angka sesuai urutan transaksinya. Nomor transaksi biasanya diawali dari angka terkecil yaitu satu tapi ditampilkan dalam digit angka ratusan atau ribuan. Misal untuk transaksi no 1 maka akan ditampilkan dengan angka 001 atau 0001.

Kiriman terbaru