Mengganti password mysql lewat phpmyadmin

Mengganti password mysql lewat phpmyadmin

Database Mysql umumnya memiliki user default/bawaan yaitu root dengan password kosong (tanpa password). Walaupun beberapa keadaan user dan password di isikan pada saat installasi. Sering kali kita mengabaikan hal ini dan membiarkan sistem database mysql bisa diakses dengan mudah. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengganti password atau menambahkan user pada database mysql melalui phpmyadmin.

Jika mysql anda tidak diberi password maka akan rawan terhadap akses-akses yang tidak punya kepentingan. Hal ini mungkin saja terjadi pada saat anda memasang aplikasi php dalam sebuah jaringan yang bisa diakses oleh banyak klien. Kalau aplikasi php dan database mysql hanya digunakan di komputer anda (localhost) mungkin tidak terlalu masalah.

Langkah-langkah mengganti password mysql dengan phpmyadmin

Jalankan phpmyadmin, dan masuk ke menu Privileges. Di halaman tersebut akan tampil daftar nama user yang sudah tersedia dalam mysql. Kurang lebih seperti gambar berikut :

mengganti password mysql

Untuk mengganti password, anda bisa klik gambar pensil sesuai baris user yang akan diganti. Misal user root, host localhost. Nanti akan muncul seperti berikut :

mengganti password mysql

Gambar diatas adalah previllage/hak akses user tersebut.

Kemudian kalo anda turun ke bawah sedkit ada form seperti berikut :

mengganti password mysql

Anda bisa biarkan user root tersebut tanpa password (no password) atau mengisikan password baru sebanyak 2 kali. Setelah anda isikan, tekan tombol go yang ada pada bagian kanan form tersebut.

Langkah-langkah menambah user dakam database mysql

Sedangkan untuk menambah, anda bisa klik add new user, pada halaman utama previllage dan akan muncul isian seperti berikut :

mengganti password mysql

kemudian di bawahnya ada pengaturan previllage seperti berikut :

mengganti password mysql

dan terakhir tinggal anda simpan dengan menekan tombol go, yang ada pada kanan bawah form user dan previllage tersebut.

Dari perubahan password atau penambahan user tersebut, maka dalam koneksi database php akan ada perubahan sedikit, dari perintah seperti berikut :

mysql_connect("localhost","root","");

menjadi :

mysql_connect("localhost","user","password");

Selain itu, jika yang anda ganti adalah user root, maka setiap anda masuk phpmyadmin maka akan muncul permintaan untuk mengisikan username dan password.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Mengapa Menggunakan MySQL?
    MySQL merupakan salah satu database yang paling banyak digunakan dalam membangun aplikasi berbasis desktop maupun berbasis web. Alasan umum mengapa menggunakan MySQL adalah karena database ini bersifat Open Source
  • Mereset nilai auto increment dalam mysql
    Jika anda merancang sebuah tabel dalam database mysql dengan tipe angka, kemudian dijadikan index primary key dengan tambahan fitur AUTO_INCREMENT maka setiap ada record baru kolom/field tersebut akan otomatis diberi nilai secara urut. Nilai urut tersebut akan terus bertambah walaupun semua record telah dihapus. Bagaimana jika kita ingin mengembalikan nilai auto increment tersebut dari awal lagi? t.
  • Menampilkan data acak dari mysql
    Pada dasarnya setiap kita menampilkan data melalui query, mysql akan menampilkan data secara urutan memasukkan datanya, yang terakhir akan berada dipaling bawah. Bagaimana jika kita ingin menampilkan datanya secara acak.
  • Menampilkan data dengan kriteria tertentu pada mysql
    Seringkali dalam membuat laporan tabel mysql, kita memerlukan output dengan kriteria tertentu misal tanggal, nilai, atau juga karakter. Saya akan berbagi informasi bagaimana melakukan itu dengan query dalam mysql.
  • Membuat database mysql dalam cpanel hosting
    Pada artikel berikut, saya akan berbagi informasi tentang bagaimana membuat database mysql dalam cpanel hosting. Informasi ini mungkin anda perlukan jika suatu saat ingin menempatkan aplikasi web atau membangun sebuah website dengan php dalam sebuah hosting di internet. Silahkan simak berikut ini.

Kiriman terbaru