Menghapus file dengan php

Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah menghapus file. Kode php dasar yang digunakan untuk menghapus file yaitu unlink. Berikut contoh penerapanya :

<?php
function HapusFile($namafile) {
    $berhasil = false;
    if (file_exists($namafile)) {
  unlink ($namafile);
  $berhasil = true;
    }
    return $berhasil;    
}

$namafile="hapus-file.txt";
if(HapusFile($namafile))
{
    echo "Berhasil";
} else {
    echo "Gagal";
}
?>

Semoga bermanfaat.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Membagi halaman laporan dalam php
    Jumlah data dari mysql yang tampil dalam laporan yang dibuat dengan php tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja aplikasi web yang kita buat. Semakin banyak data, pasti prosesnya akan semakin lama dan tentunya agak sedikit menyulitkan orang yang membacanya.
  • Membuat upload video dengan php
    Secara teknik dasar membuat form upload untuk video tidak berbeda dengan cara membuat form upload gambar yang sudah saya tulis pada tutorial sebelumnya. Hanya berbeda pada bagian proses menangani file yang diupload ke server.
  • Membuat aplikasi php dalam satu file
    Biasanya kita membuat sebuah aplikasi php, semua bagian/modul/halaman dipisah dalam file-file yang berbeda. Misalkan membuat aplikasi data mahasiswa, kita membuat halaman menu kemudian disimpan dalam menu.php, membuat input data lalu disimpan dalam input-data.php, kemudian membuat simpan lalu disimpan dalam simpan.php dst. Bagaimana jika semua fungsi halaman tersebut dijadikan dalam satu file? Simak artikel berikut.
  • Membagi form dalam beberapa halaman
    Ada beberapa contoh kasus yang mengharuskan kita membagi form dalam beberapa halaman, agar proses input lebih mudah dan dapat memunculkan pilihan sesuai dengan inputan awal. Berikut ini saya akan berbagi trick bagaimana membuat beberapa form yang terpisah halaman bisa saling terhubung dalam sebuah proses.
  • Mengirim email laporan dari database mysql dengan PHPMailer
    Pada tulisan sebelumnya saya sedikit berbagi tentang Cara mudah mengirim email dari PHP dengan PHPMailer. Pada tulisan berikut ini saya ingin lanjutkan lagi tentang bagaimana mengirimkan email dalam bentuk laporan yang diambilkan dari database mysql dengan dengan PHPMailer.

Kiriman terbaru