Menghitung umur dengan php

Menghitung umur dengan php

Sering kali jika kita membuat aplikasi web dengan php yang berhubungan dengan data personal seperti karyawan, siswa, mahasiswa, dan pasien kita ingin menampilkan informasi umur yang dihitung dari tanggal lahirnya. Berikut ini contoh kode singkat cara melakukan perhitungan umur dengan php.

<?php
$lahir = mktime(0, 0, 0, 1, 9, 2011); //jam,menit,detik,bulan,tanggal,tahun
$t = time();
$umur = ($lahir < 0) ? ( $t + ($lahir * -1) ) : $t - $lahir;
$tahun = 60 * 60 * 24 * 365;
$tahunlahir = $umur / $tahun;
$umursekarang=floor($tahunlahir) ;
echo 'Umur anda ' .$umursekarang. ' tahun.';
?>

dari kode diatas bisa kita lihat bahwa perhitungan umur dilakukan dengan menggunakan fungsi mktime untuk mendapatkan konversi tanggal dalam angka (timestamp). Kemudian melakukan pengecekan apakah nilai dari hasil mktime kurang dari 0, jika ya maka nilai dikalikan dengan -1 (dijadikan nilai negatif), jika tidak maka tanggal sekarang yang diwakili variabel $t dikurangkan dengan nilai tanggal lahir.

Kemudian dilakukan perhitungan jumlah nilai dalam 1 tahun (60 detik * 60 menit * 24 jam * 365 hari), setelah itu nilai umur dibagi dengan jumlah nilai 1 tahun.

Dan yang terakhir dilakukan pembulatan kebawah dari nilai hasil perhitungan, sehingga nilai umur diketahui dan ditampilkan.

Anda juga bisa ubah kode diatas menjadi sebuah function untuk menghitung umur agar lebih mudah memanggilnya secara berulang dengan cara :

function HitungUmur($tgllhr)
{
	list($tgl,$bln,$thn) = explode('-',$tgllhr);	
	$lahir = mktime(0, 0, 0, (int)$bln, (int)$tgl, $thn); //jam,menit,detik,bulan,tanggal,tahun
	$t = time();
	$umur = ($lahir < 0) ? ( $t + ($lahir * -1) ) : $t - $lahir;
	$tahun = 60 * 60 * 24 * 365;
	$tahunlahir = $umur / $tahun;
	$umursekarang=floor($tahunlahir) ;
	return $umursekarang;
}

Dan bisa dengan mudah memanggil function diatas dengan cara :

<?php
  $tanggallahir = "12-01-1985"; //dengan format tanggal bulan tahun
  echo HitungUmur($tanggallahir);
?>

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 3
    Proses tahap awal dari membuat database, tabel, membuat formulir input data mahasiswa, proses simpan dan upload photo mahasiswa sudah dilakukan pada artikel Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 dan Bagian 2, sekarang membuat laporan hasil input data mahasiswa. Laporan ini akan dibuat menghubungkan kebeberapa bagian yaitu pencarian data mahasiswa, delete/menghapus data mahasiswa dan mengupdate data mahasiswa. Silahkan menyimak tahapan lanjutan berikut ini.
  • Membuat function di php
    Function adalah kumpulan baris program yang digunakan untuk melakukan proses tertentu dengan tujuan yang sama. Function akan mengembalikan nilai atau hasil yang sudah diproses kepada rutin atau variabel yang menggunakannya. Function dibuat agar program utama dapat ditulis lebih sederhana dan pengulangan proses dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dalam php terdapat tiga jenis function yang bisa dijalankan yaitu User-defined, internal dan anonymous functions. Pada artikel berikut saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat function sediri (User Defined) dalam php.
  • Menampilkan data mysql dalam list menu dengan php
    List menu atau yang sering disebut combo box adalah sebuah objek dalam form yang disediakan oleh HTML. List menu digunakan untuk menampilkan pilihan yang umumnya bersifat statis misal pilihan nama kota, nama kategori, jenis jabatan dll. Bagaimana seandainya kita ingin menampilkan pilihan dengan sumber datanya dari mysql? Saya akan jelaskan langkahnya pada artikel berikut.
  • Menghapus file dengan php
    Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah menghapus file. Berikut ini caranya.
  • Membuat koneksi database mysql dengan php
    Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat koneksi database mysql dengan php. Silahkan simak panduan singkatnya. Cara mudah Membuat koneksi database mysql dengan php

Kiriman terbaru