Mengurutkan data mysql dalam laporan php

mengurutkan laporan php

Data biasanya diinput dengan cara tak beraturan, bisa saja nama yang awalan Z lebih dulu dimasukkan, atau nomor urut yang lebih besar lebih duluan tergantung data mana yang lebih awal disiapkan. Dan jika dibuatkan laporannya dengan cara biasa saja, tentunya akan muncul sesuai dengan urutan memasukkan datanya ke dalam database. Bagaimana cara mengurutkan data tersebut dalam laporan php?

Saya disini tidak akan membicarakan bagaimana membuat laporanya, karena untuk membuat laporan anda bisa baca tutorial saya tentang Membuat Aplikasi Data Mahasiswa. Yang saya bahasa kali ini adalah tentang bagaimana menyusun query mysql dalam laporan tersebut.

Contoh Kasus

Anda sedang membuat aplikasi pendaftaran siswa/mahasiswa baru dengan php, kemudian anda mempunya tabel database dengan susunan seperti berikut :

nama tabel : tb_siswa_baru

no_pendaftaran tipe int panjang 10 dan diset sebagai primary auto number
nama tipe varchar panjang 30
tanggal_lahir tipe date
agama tipe varchar 15
tanggal_daftar tipe datetime
dst

Pada saat aplikasi digunakan, tentunya masing-masing field akan terisi dengan data dan urutan berbeda seperti yang saya sampaikan diatas. Suatu saat tentunya anda memerlukan laporan khusus dengan urutan yang jelas berdasar kolom/field tertentu dalam tabel data yang sudah dibuat. Misal berdasar nomor pendaftaran, berdasar nama, berdasar tanggal lahir, agama, tanggal daftar, bahkan jika diperlukan data ditampilkan secara acak.

Untuk melakukan hal tersebut diatas anda hanya perlu melakukan penambahan query/perintah dasar mysql dalam php yang sudah anda buat. Contoh sesuai dengan kasus diatas :

Untuk menampilkan urut dari nilai kecil ke besar (A-Z / 1-9)

$query= "select * from tb_siswa_baru order by no_pendaftaran asc;";
mysql_query($query);

Untuk menampilkan urut dari besar ke kecil (Z-A / 9-1)

$query= "select * from tb_siswa_baru order by no_pendaftaran desc;";
mysql_query($query);

Untuk menampilkan laporan secara acak

$query= "select * from tb_siswa_baru order by no_pendaftaran rand();";
mysql_query($query);

Contoh diatas juga berlaku untuk kolom/field yang lainya seperti nama, tanggal lahir dan agama.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Perintah include dan require dalam php
    Perintah require() dan include() dalam php digunakan untuk menyisipkan isi file tertentu menjadi bagian file yang memanggilnya. Keduanya sangat identik dalam banyak hal, kecuali cara penanganan kegagalan. include() menghasilkan suatu peringatan, sedangkan require() menghasilkan pesan kesalahan Fatal Error.
  • Membuat nomor urut harian dengan php
    Ada teman bertanya, bagaimana membuat nomor urut yang setiap hari kembali ke awal? Secara logic prosesnya cukup sederhana yaitu melakukan pengecekan pada tabel mysql yang sudah dibuat apakah ada data hari sesuai tanggal sistem. Jika ada maka ambil dan tambahkan nilainya, kemudian perbaharui datanya. Jika tidak ada maka buat record baru dengan?tanggal tersebut kemudian set nilai urutan 1.
  • Perintah php mysql
    PHP telah menyediakan banyak perintah fungsi bawaan yang bisa kita gunakan dalam membuat aplikasi web. Fungsi-fungsi tersebut juga sangat beragam dari pengolahan string, pengolahan dan manipulasi gambar, sampai melakukan komunikasi dengan database. PHP juga mendukung banyak database tidak terkecuali MySql. Apa saja perintah php mysql?
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 6
    Ini bagian terakhir artikel saya tentang tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, Pada artikel sebelumnya membuat aplikasi data mahasiswa bagian 5, saya sudah merancang tabel database pengguna dan menyisipkan 1 nama pengguna dengan password yang disimpan dalam format md5. Sekarang saya akan merancang form login dan proses login, serta melindungi semua halaman pengelolaan data mahasiswa yang sudah dibuat.
  • Membuat function di php
    Function adalah kumpulan baris program yang digunakan untuk melakukan proses tertentu dengan tujuan yang sama. Function akan mengembalikan nilai atau hasil yang sudah diproses kepada rutin atau variabel yang menggunakannya. Function dibuat agar program utama dapat ditulis lebih sederhana dan pengulangan proses dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dalam php terdapat tiga jenis function yang bisa dijalankan yaitu User-defined, internal dan anonymous functions. Pada artikel berikut saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat function sediri (User Defined) dalam php.

Kiriman terbaru