Variasi cara menulis ke layar dengan php

menulis ke layar dengan php

Artikel ini mungkin tak semenarik judulnya Menulis ke layar dengan php, tapi sering kali saya menemui orang yang sedang belajar php bingung jika melihat beberapa variasi penggunaan kode php untuk menulis ke layar. Pada artikel ini saya akan buatkan beberapa contoh cara menampilkan tulisan/gambar ke layar dengan php.

Jika anda sedang belajar php tentunya sering mencari referensi dari internet atau buku, yang isinya selain tentang contoh kasus juga disertai dengan kode-kode programnya. Teori awal pasti anda sudah mengetahui bahwa untuk mencetak/menampilkan ke layar dengan php yaitu dengan perintah echo atau print. Contoh :

<?php
   echo "Helllo";
///atau
   print "Helllo"
?>

Akan tetapi pada penerapan sebenarnya, banyak sekali variasi bentuk penulisan perintah php yang digunakan walaupun secara tujuan umum sama yaitu membuat output ke layar. Hal ini tentunya akan membuat anda bingung, karena anda belajarnya cuman 2 perintah diatas dan itupun disajikan dalam bentuk contoh-contoh kasus sederhana. Kadang kala ini juga akan menimbulkan pemahaman yang berbeda karena kurangnya mengetahui fungsi serta cara-cara penulisannya.

Mari kita lihat beberapa variasi cara menuliskan output ke layar yang saya ketahui :

Menggunakan Perintah echo

<?php
echo 'Ini', 'mencetak ', 'dengan ', 'banyak parameter', chr(10);
echo 'Ini ' . 'mencetak ' . 'dengan  ' .  'operator string' . "\n";

echo <<<END
Ini cara "mencetak ke layar" juga
tapi source code htmlnya dipisah baris
kalo mau tau bisa dicoba
END;

echo "Ini juga mencetak ke layar dengan tanda petik dua";
echo 'Ini mencetak ke layar lagi dengan tanda petik satu';

$var="Ini juga menulis ke layar tapi lewat variabel";
echo $var;

echo "Kadang juga dengan cara ini ".$var." bisa mencetak";//dengan operator string
echo "ada juga yang seperti ini $var"; //ini menuliskan isi $var
echo 'atau seperti ini $var'; //ini tidak menampilkan nilai $var
?>

Jika anda jalankan pasti hasilnya tersambung semua, jika mau mencoba, coba jalankan satu persatu.

Kode diatas jika kita lihat sudah sedikit merubah pemahaman dasar fungsi echo yang secara struktur aslinya adalah : echo(string) atau dengan tambahan parameter echo (string, string atau argumen,....).

Dalam kasus lain juga sering ditemui echo dituliskan dengan cara :

<h1><?php echo "Hello"; ?></h1>

Atau bisa juga :

<h2><?="Helllo";?></h2>

Kenapa berbeda? Sebenarnya maksudnya sama saja, cuma keperluannya dan kemudahan cara menulisnya yang berbeda. Jadi, kalau menurut saya, gunakan yang termudah dan dapat menyelesaikan masalah kita. Tapi tidak ada salahnya jika perintah-perintah diatas menjadi solusi dari kasus yang ada.

Menggunakan Perintah print

Ini juga sering digunakan untuk mencetak ke layar. Secara umum sama saja dengan echo (seperti contoh diatas), perbedaannya diantaranya kecepatan proses dan nilai kembalian. echo tidak ada nilai kembalian dan fungsi lebih luas karena didukung parameter tambahan, kalo print bisa dengan nilai kembalian.

<?php
// dapat menuliskan array
$var = array("value" => "contoh");

print "ini  {$bar['value']} menggunakan print!"; // hasilnya ini contoh menggunakan print!

if ((print "hello") && (print "saya")) {
  // hello saya
 }
?>

Menggunakan Perintah printf

Perintah printf ini juga sering ditemui dalam beberapa contoh program php. Fungsi ini secara dasar memiliki struktur :

printf ( string $format [, mixed $args [, mixed $... ]] )

Ini digunakan untuk menuliskan ke layar dengan format tertentu. Kita lihat kode berikut :

<?php
$str = "Hello";
$number = 123;
printf("%s world. Day number %u",$str,$number);
$number = 123;
printf("%f",$number);
?> 

Menggunakan Perintah die

Perintah ini juga sering ditemui dalam baris-baris program php. Fungsi utamanya adalah memunculkan pesan ke layar. Struktur penulisan hanya dengan die(string pesan). Fungsi ini sama dengan exit() yang digunakan untuk menghentikan jalanya program. tapi dengan die() kita bisa memunculkan pesan baru berhenti. Perintah ini paling sering digunakan untuk menghandle error yang terjadi di php. Kita lihat contoh penggunaanya berikut :

<?php
mysql_connect("localhost","user","pass") or die("gagal melakukan koneksi");
//sering juga digunakan
mysql_query("insert into.....") or die("Gagal menyimpan data");
?>

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Menghindari duplikat data dalam mysql dengan php
    Menghindari duplikat data dalam mysql bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan mendefinisikan salah satu field/kolom sebagai primary key atau index, dan cara kedua adalah dengan membuat rutin perintah pengecekan data pada saat akan melakukan insert data. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat rutin perintah php yang digunakan untuk menghindari duplikat data dalam mysql.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 2
    Melanjutkan artikel saya tentang bagaimana membuat aplikasi data mahasiswa dengan php bagian 1, pada bagian 2 ini akan saya bahas tentang bagaimana membuat form/formulir input data mahasiswa, membuat proses simpan dan upload photo mahasiswa.
  • Perbedaan php dengan javascript dan html
    Apa perbedaan php dengan javascript? atau apa perbedaan php dengan html? pertanyaan ini seringkali muncul jika anda mulai mengenal bahasa pemrograman web. Ketiga bahasa pemrograman ini ternyata saling terkait dalam membangun sebuah web yang dinamis dan interaktif.
  • Mengenal php framework
    Framework dapat diartikan sebagai sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah penyelesaian sebuah pekerjaan. Jika dikaitkan dengan PHP maka dapat diartikan sebagai suatu kerangka kerja yang telah terpola dengan tujuan memudahkan pengembang web dalam menyusun rangkaian proses dengan bahasa pemrograman PHP. Misal dalam membuat sebuah aplikasi web, pengembang harus menuliskan kode program secara berulang dengan kompleksitas tinggi. Hal tersebut tentunya akan sangat mengurangi tingkat efisien waktu serta menguras pikiran bahkan kode yang dihasilkan mungkin saja kurang optimal dari segi penulisan serta proses yang dilakukan dalam program.
  • Menyimpan data dalam banyak tabel bersamaan
    Jika anda membuat aplikasi php dan mysql yang menggunakan beberapa tabel database mungkin akan menemui proses menyimpan data ke dalam banyak tabel secara bersamaan dalam satu proses. Contoh sederhana membuat aplikasi php penjualan yang dalam prosesnya menyimpan data dalam tabel transaksi dan sub transaksi.

Kiriman terbaru