Perangkat Output Device

 

perangkat keluaran

Output Device atau dalam bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga atau tergambar/tertulis di kertas.

Secara umum ada 5 yang termasuk dalam kategori output device yaitu :

  1. Monitor
  2. Speaker and Headphone
  3. Printer
  4. Projector
  5. Plotter

Monitor

perangkat output monitor

Monitor adalah perangkat output yang paling umum. Monitor menampilkan informasi dalam bentuk tulisan, gambar dan video. Monitor bisa dibedakan berdasar ukuran, resolusi, teknologi, refresh rate dan juga warna.

Speaker & Headphone :

perangkat output speaker

Speaker dan head phones adalah perangkat output yang menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik maupun suara. Speaker dan head phone terhubung melalui sebuah kabel yang ditancapkan pada sound card (perangkat pengolah suara)

Printer

perangkat output printer

Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter, tulisan, simbol maupun gambar yang terlihat diatas kertas, hasil output ini juga sering disebut dengan hard copy. Printer bisa dihubungkan ke komputer melalui kabel serial RS232 untuk printer jenis lama, dan USB untuk jenis-jenis printer terbaru. Dengan kemajuan teknologi sekarang, printer juga bisa digunakan melalui wireless (tanpa kabel).

Projector

perangkat output projector

Projector adalah perangkat output yang secara fungsi mirip dengan monitor tapi menghasilkan tampilan yang lebih besar. Cara kerja projector adalah memantulkan cahaya berupa objek tulisan maupun gambar yang dihasilkan dari proses komputer.

Plotter

perangkat output plotter

Plotter adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda.

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Mengubah format video
    Anda pasti sudah mengetahui bahwa banyak format video yang didapat dari media cd maupun secara online seperti AVI, MOV, M2TS, OGM, RMVB, RM, WMV, QT, WebM, FLV, MOD, TS, TP, DVR-MS, Divx, etc. to AVI, WMV, MP4, MPEG-1, MPEG-2, FLV, SWF, MKV, 3GP and 3G2 dll. Mungkin anda ingin mengubah format video tersebut dengan format lain yang lebih kecil ukurannya atau mengoptimalkan kualitasnya.
  • Jenis komputer analog, digital dan hybrid
    Komputer dibedakan dalam 3 kategori yaitu komputer analog, digital dan hybrid. Masing-masing punya karakteristik serta cara kerja yang sedikit berbeda. Baca penjelasanya berikut.
  • Perangkat Input Device
    Input Device adalah sebuah perangkat keras yang dapat mengirimkan data ke komputer. Input device memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan komputer secara langsung. Tanpa Input Device sebuah komputer hanya berfungsi sebagai media visualisasi yang hanya bisa ditonton seperti televisi.
  • Mengelola program aplikasi di windows
    Umumnya jika kita membeli komputer atau laptop baru, program aplikasinya sudah terinstall/terpasang dengan lengkap bahkan seringkali aplikasinya tidak pernah kita sentuh sama sekali. Secara teknis, walaupun aplikasi-aplikasi tersebut tidak digunakan tapi semuanya menggunakan ruang serta mengurangi kinerja sistem yang kita gunakan. Mengapa dan bagaimana mengelolanya agar komputer dan sistem operasi windows bekerja optimal?
  • Jenis file audio dalam sistem digital
    File audio adalah sebuah jenis file digital yang menyimpan informasi karakteristik (metafile) serta pengkodean khusus dalam menyajikan susunan audio yang ditanamkan. Jenis file audio ini bermacam-macam tergantung pada siapa pengembangnya, media outputnya, teknologi pengkodeannya, perangkat lunak pemutarnya, perangkat lunak yang membuatnya serta sistem operasi yang mengenalinya. Yang umum kita kenal hanya beberapa saja seperti mp3, wav, midi, ogg karena ini yang paling sering kita gunakan. Ternyata selain itu masih banyak lagi jenis file audio lainya yang sangat asing buat kita.

Kiriman terbaru