Perbedaan id dan name dalam html

Perbedaan id dan name dalam HTMLDua atribut HTML ini (id dan name) mungkin sedikit bikin bingung karena kurang mengetahui fungsinya. Masing-masing sering digunakan, kadang id dan name digunakan terpisah dan sering pula digunakan bersamaan. Apa Perbedaan id dan name dalam html dan kapan menggunakan id dan kapan menggunakan name?

Kita mulai dengan contoh penggunaan atribut id dan name pada halaman web.

<div id="menu">Contoh penggunaan id pada div</div>

<p id="judul">Contoh penggunaan id pada paragraf</p>

<input type="text" name="nama" />

<input type="text" name="nama" id="nama" />

Bisa kita lihat pada contoh diatas, ada beberapa model penggunaan id dan name. Untuk 2 contoh yang diterapkan pada tag div dan p, tujuanya adalah memberikan identitas unik pada tag tersebut agar tampilanya bisa diatur dengan css. Sedangkan pada contoh berikutnya name digunakan pada tag objek form dengan tujuan memberi nama unik yang bisa diakses melalui server side seperti php.

Perbedaan id dan name dalam html :

id memiliki ruang lingkup kerja sebuah halaman dan lebih dikhususkan untuk ditangani dengan css atau javascript, id yang diberikan pada sebuah tag/objek pada sebuah halaman harus unik.

name memiliki ruang lingkup pada sebuah form, tidak diperkenankan terjadi duplikat pada form yang sama. name dikhusukan untuk penanganan dengan metode GET atau POST pada saat sebuah form dikirim ke sebuah proses dengan pemrograman seperti php.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Cara memasukkan gambar dalam halaman web
    Panduan cara memasukkan gambar dalam halaman web/blog dengan kode html, lengkap dengan tips optimalisasinya. Untuk memasukkan gambar dalam web sekarang memang sudah dimudahkan dengan bantuan editor visual yang langsung membuat kode otomatis HTML secara instan, tapi tidak ada salahnya anda mengetahui cara teknis menyisipkanya.
  • Cara mengganti background blog atau website
    Untuk mengganti background blog atau website tentunya anda harus punya akses untuk memodifikasi susunan kode halamannya, baik lewat control panel, ftp maupun fasilitas yang sudah disediakan sistem kelola kontent (CMS). Setelah itu baru kita bisa lakukan dengan dua cara berikut
  • Mengenal HTML5
    HTML5 adalah versi terbaru teknologi hypertext/web yang sekarang ini masih dalam tahap pengembangan. HTML5 ini akan menjadi trend teknologi internet masa depan karena sudah diperkaya dengan fitur-fitur ungulan yang tentunya akan menjadi standard pengembangan media informasi berbasis web.
  • Membuat tabel dengan HTML
    Tabel adalah salah satu objek terpenting yang bisa kita gunakan untuk banyak keperluan. Tabel bisa digunakan untuk membuat laporan dengan HTML, bisa digunakan untuk menyusun objek lain seperti gambar atau tulisan, bahkan tabel juga bisa digunakan untuk menata layout tampilan web. Bagi anda yang sedang belajar bahasa pemrograman web seperti PHP atau yang lainya, tabel ini juga bagian terpenting yang harus anda ketahui karena bentuk laporan dari database tentunya akan disajikan dalam bentuk tabel. Bagaimana cara membuat tabel yang benar? dan bagaimana contohnya?
  • Cara membuat form dengan HTML
    Sebuah web yang ideal bukan hanya bisa memberikan informasi tapi juga harus memiliki fasilitas untuk menerima masukan dari pengunjungnya seperti buku tamu, komentar atau fasilitas lainya. Untuk bisa menerima masukan berarti halaman web harus menyedikan fo

Kiriman terbaru