Script penghitung waktu loading halaman dengan php

Berikut ini potongan kode php untuk menghitung dan menampilkan lama waktu tampilnya halaman dengan php. Fungsi ini bisa digunakan sebagai acuan menghitung performa sistem yang sudah kita rancang.

Letakkan bagian kode berikut pada bagian atas halaman :

<?php
// Mengambil waktu awal proses
$mtime = microtime();
$mtime = explode (" ", $mtime);
$mtime = $mtime[1] + $mtime[0];
$tstart = $mtime;
?>

Kalo kita lihat baris-baris kode php diatas melakukan pengambilan waktu start php mulai dijalankan dan kemudian memindah nilanya kealdam variabel $tstart.

Kemudian letakkan script berikut ini pada bagian bawah halaman :

<?php
// mengambil waktu selesai
$mtime = microtime();
$mtime = explode (" ", $mtime);
$mtime = $mtime[1] + $mtime[0];
// Store end time in a variable
$tend = $mtime;
// Calculate Difference
$totaltime = ($tend - $tstart);
// Output the result
printf ("Waktu menampilkan halaman %f detik.", $totaltime);
?>

dan pada bagian akhir, ditambahkan pula kode untuk mengambil waktu terakhir php selesai melakukan tugasnya dan melakukan perhitungan total waktu dengan mengurangkan waktu start awal dan waktu script terakhir dieksekusi. Dan terakhir menampilkanya ke layar.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

Baca juga :

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Menampilkan daftar nama file dalam folder
    Ada kalanya anda sebagai pengembang aplikasi web membutuhkan nama-nama file dalam sebuah direktori tertentu yang isinya akan ditampilkan dalam sebuah halaman. Daftar nama file tersebut bisa kita tampilkan dengan sangat mudah dari program php. Anda bisa gunakan script ini untuk menampilkanya.
  • Membuat layout sederhana dengan css
    Berikut ini saya akan berbagi tentang cara membuat layout/tampilan halaman web sederhana dengan html dan css. Layout yang saya buat sangat sederhana dengan susunan 2 kolom yang dilengkapi pula dengan header, menu pada bagian atas serta bagian footer. Silahkan anda simak berikut.
  • Menghitung jumlah hari dalam 1 bulan
    Jumlah hari pada tiap bulan bisa berbeda, ada yang 29, 30 dan ada yang 31. Kita bisa menghitung jumlah hari pada bulan tertentu dengan php. Silahkan simak kode singkat berikut.
  • Memastikan benar salah input tanggal
    Jika anda membuat sebuah inputan untuk tanggal secara manual, kemungkinan terjadinya kesalahan dalam inputnya pasti ada. Untuk memastikan benar salah input tanggal tersebut anda bisa lakukan sebuah rutin pengecekan dengan php.
  • Menampilkan jumlah like dan share facebook dengan php
    Facebook menyediakan plugint like dan share yang sangat mudah kita tempelkan pada bagian-bagian web atau blog kita. Selain menggunakan script program yang disediakan oleh facebook, kita juga bisa langsung menampilkan jumlah like dan share dalam aplikasi php yang kita buat. Penasaran bagaimana caranya? Silahkan lihat potongan kode php berikut.

Kiriman terbaru