Software WYSIWYG Editor untuk pembuatan halaman web

Software WYSIWYG Web

Pernahkan anda mendengar orang mengucapkan WYSIWYG?? Memang sangat sulit untuk diucapkan karena ini hanya sebuah singkatan dalam bahasa inggris yang kepanjangannya adalah "What You See Is What You Get", atau bisa kita artikan apa yang kamu lihat itulah yang akan kamu dapat. Istilah ini mewakili sekian banyak editor web yang digunakan untuk menyusun kode menjadi sebuah desain visual.

WYSIWYG cenderung identik dengan sebuah program aplikasi visual yang digunakan untuk membuat/menuliskan kode program atau dokumen yang berisi rangkaian perintah-perintah yang hanya akan muncul setelah dijalankan dengan bantuan program lain seperti browser. Dengan bantuan aplikasi visual ini setiap kode yang ditulis bisa langsung terlihat hasilnya tanpa menggunakan media aplikasi lain. hal ini tentunya sangat memudahkan bagi si pembuat karena tidak harus menggunakan banyak aplikasi pada waktu bersamaan.

WYSIWYG ini dikenal dalam 2 kategori, Yang pertama aplikasi berbasis web yang dapat dijalankan dengan bantuan web browser tanpa memandang sistem operasi yang menjalankanya. Dan yang kedua adalah aplikasi berbasis desktop yang hanya dapat dijalankan dengan memasang/menginstalnya dikomputer/laptop pada sistem operasi tertentu seperti windows, linux atau mac os.

WYSIWYG Editor berbasis web

  1. FCKeditor
    FCKEditor

  2. SPAW Editor
    SPAW

  3. openWYSIWYG

  4. Xopus
    Xopus

  5. NicEdit
    NicEdit

  6. Wyzz
    Wyzz

  7. widgEditor
    widgEditor

  8. XStandard
    XStandard

  9. BBComposer 2.1
    BBComposer

  10. TinyMCE
    TinyMce

WYSIWYG Berbasis desktop

  1. Adobe Dreamweaver (Win / Mac)
    Adobe Dreamwever

  2. Amaya (Win / Mac / Linux)
    Amaya

  3. RapidWeaver (Mac)
    RapidWeaver

  4. Adobe Contribute
    Adobe Contribute

  5. Adobe Golive (Win / Mac)
    Adobe Golive

  6. NVU (Win / Mac / Linux)
    NVU

  7. KompoZer (Win / Mac / Linux)
    KompoZer

  8. Namo WebEditor 2006 (Win)
    Namo WebEditor

Masing-masing aplikasi punya kekurangan kelebihan dan ada yang bersifat gratis dan berbayar. Tergantung ke pengguna tinggal menentukan pilihan. Yang jelas semua aplikasi diatas tentunya akan sangat membantu meningkatkan kinerja serta hasil desain yang akan diperoleh.

Semoga Bermanfaat, jangan lupa share ke teman anda.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Artikel Lainnya

  • Free online form generator
    Anda kesulitan membuat form dari html, atau udah coba membuat tapi tampilanya kurang menarik? Mungkin ini solusinya membuat form gak pakai lama, gratis dan hasilnya bisa kita gunakan langsung untuk aplikasi web tanpa harus memikirkan lagi kode html maupun cssnya. Berikut ini situs online yang menyediakan fasilitas form generator secara gratis.
  • Mengatur warna tabel dengan dreamweaver
    Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana membuat tabel dengan dreamweaver, berikut ini lanjutanya tentang bagaimana mengatur warna tabel dengan dreamweaver. Saya akan bahas tentang cara memberi warna pada tabel utama, mengganti warna baris atau kolom, mengganti posisi serta pengaturan lainnya yang berhubungan dengan tabel menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
  • Tampilan web terbaik
    Jika saya ditanya apa tampilan web terbaik? saya pasti akan menjawab panjang lebar tentang tampilan web terbaik karena banyak faktor yang harus kita lihat, dan tentunya pasti ada tampilan web terbaik dan tampilan web terburuk.
  • Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3
    Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3. Tahukah anda bahwa Adobe Dreamweaver selain digunakan untuk menyusun layout halaman web dan menuliskan kode program berbasis web, juga bisa digunakan untuk mengedit gambar yang disisipkan dalam halaman web tersebut. Simak caranya berikut.
  • Kombinasi warna dalam desain website
    Kombinasi warna pada desain website adalah salah satu komponen yang sangat penting. Seorang desainer yang sudah memiliki "jam terbang" cukup tinggi sangat mengetahui pentingnya kombinasi warna dan hati-hati dalam memilih warna. Akan tetapi, hal ini tentu sangat berbeda bagi mereka yang baru terjun dalam masalah desain. Warna apa yang cocok untuk website tertentu, bagaimana membuat kombinasi dari beberapa warna agar sesuai dengan tema yang dibuat, adalah sebagian dari banyak masalah warna.

Kiriman terbaru