Sejarah Protocol TCP IP

Seperti yang sudah disinggung pada bagian awal bahwa TCP/IP pada awalnya di kembangkan oleh suaru departemen pertahanan (Department of Defense atau DOD) di Amerika, yaitu pada tahun 1969 Lembaga Riset Departemen Pertahanan Amerika yaitu DARPA (Defence Advance Research project Agency), memberikan dan sebuah riset pengembangan jaringan komunikasi data antar computer. Tujuan riset adalah pengembangan aturan komunikasi antar computer yang manpu bekerja secara transparan, melalui bermacam-macam jaringan komunikasi yang telah terpasang dan tahan terhadap berbagai gangguan alam. Reset tersebut dan melahirkan ARPAnet, sehingga pad tahun 1972 ARPAnet mendemonstrasikan hasil riset tersebut di depan peserta the First International Conference on Computer Communications dengan menghubungkan 40 node.

 

Dalam perjalanan masa ARPAnet semakin besar, protocol yang digunakan pada waktu itu NCP(Network Communication Protocol) sudah tidak mampu menampung node computer yang sudah semakin besar. DARPA selanjutnya memberikan dana riset untuk masalah tersebut, dengan tujuan membuat protocol yang lebih umum. MAka lahirlah protocol TCP/IP, yang selanjutnya pada tahun 1982 oleh DARPA dan pada tahun 1983 oleh ARPAnet menyatakan protokool TCP/IP di nyatakan menjadi standart untuk jaringan. Sebuah perusahaan BBN(Bolt Beranek Newman) membuat TCP/IP berjalan di atas computer dengan system operasi Unix, dan pada saat itulah Unix dan TCP/IP di kawinkan.

 

 

Dari keberhasilan yang telah di capainya, pada tahun 1984 terjaring lebih dari 1000host di internet. Dan karena jaringan sudah semakin besar, system penamaan lama cara host table tidak realistis untuk mengatur system penamaan host, kemudian di perkenalkan system baru yaitu DNS (Domain Name System) dan di gunakan sampai saat ini.

 

 

Pada tahun 1986, Lembag Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat yaitu U.S.National Science Foundation (NSF) memberikan dana dalam pembuatan jaringan TCP/IP yang di namakan NSFnet. Jaringan ini di gunakan untuk menggabungkan 5 buah pusat computer super dan memungkinkan terhubungnya universitas-universitas di Amerika Serikat dengan kecepatan jaringan backbone sebesar 56kbps. Jaringan inilah yang kemudian menjadi embrio dari internet yang sekarang kita kenal.

 

 

Pada tahun 1987berdirilah UUnet yang saat ini merupakan salah satu provider utama internet. Dari catatan terakhir masa itu host yang terhubung lebih dari 10.000. Kurang lebih pada tehun 1988 NFSnet kecepatan jaringan backbone ditingkatkan menjadi 1,544nbps(T1), dan pada saat itu ada beberapa Negara di eropa telah masuk ke jaringan NSFnet tersebut. Perkembangan internet menjadi semakin luas dan sampai menjangkau Australia dan Selandia baru pada tahun 1989. Tercatat pada tahun tersebut telah terhubung 100.000 host lebih.

 

Pada tahun 1991 telah di temukan aplikasi yang berjalan di internet WAIS(Wide Area Information Srvers), GOPHER, dan aplikasi yang sekarang ini menjadi primadona penggunaan internet yaitu WWW(World Wide Web). Pada saat itu kecepatan jaringan backbone NSFt telah di itngkatkan menjadi 45mbfs(T3).

 

Dan berdasarkan catatan terakhir yang ada, yaitu pada tahun 1992 jumlah host di internet mencapai 1 juta host, suatu angka yang cukup signifikan perkembangannya jika dilihat hanya dalam orde 10tahun kurang sejak di lahirkan protocol TCP/IP. Dan selanjutnjya belum ada catatn terakhir yang mamapu merekam jumlah host sekarang ini yan gtergabung di internet karena semakin luas dan luas, apalagi jika termasuk host yang berada dalam lingkup jaringan dalam (Private) juga di hitung selain jaringan publik(Public) tadi. Mungkin dapat dikatakan sekarang ini jumlah yang tersambung hamper sama dengan jumlah computer yang aktif di gunakan di dunia ini.

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Terkait

  • Pengertian Kabel Serat Optik
    FDDI (Fiber Distributed Data Interface) atau sering disebut kabel serat-optik semakin lazim digunakan seiring dengan tuntutan peningkatan kecepatan transmisi. Jenis kabel ini terdiri atas kaca tipis atau filamen plastik, kurang-lebih selebar rambut m
  • Pengertian Client/Server
    Client/Server biasa dideskripsikan sebagai network servers atau server-based. Sebagai definisi sederhana sebuah server adalah sebuah mesin (komputer) yang hanya berfungsi untuk melayani atau menjawab (dengan kata lain me-respond) permintaan client.
  • Pengertian Dasar Internet Protocol (IP) address
    IP address atau alamat IP yang bahasa awamnya bias disebut dengan kode pengenal computer pada jaringan merupakan komponen vital pada internet, karena tanpa alamat IP seseorang tidak akan dapat terhubung dengan internet.
  • Cara Kerja jaringan peer-to-peer
    Komputer pada sebuah jaringan peer-to-peer dapat berfungsi sebagai sebuah client maupun sebagai sebuah server, jaringan peer-to-peer tidak memiliki kontrol terpusat (centralized control) pada sumber daya yang terbagi (shared resources). Semua peralat
  • Jenis Protocol Jaringan Komputer
    Seperti yang telah disebutkan diatas, komputer harus sepakat (agree) pada sebuah protocol yang digunakan agar semua tipe komunikasi dapat berlangsung. Berikut ini adalah beberapa contoh protokol yang sering digunakan dalam sebuah jaringan.
  • Jaringan untuk perkantoran
    Dalam membangun jaringan komputer di perusahaan/ organisasi, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam hal-hal resource sharing, reliabilitas tinggi, lebih ekonomis, skalabilitas, dan media komunikasi.
  • Pengertian Topologi
    Topologi adalah istilah yang digunakan untuk mengambarkan bagaimana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Secara umum, topologi dibedakan menjadi dua jenis yaitu topologi fisik dan topologi logika.
  • Memahami tentang protocol komputer
    Protocol dapat di misalkan sebagai 2 orang yang berasal dari bangsa yang berbeda akan berdilaog dan berkomunikasi, kemudian keduanya hanya dapat mengerti dan berbicara dengan bahasa kebangsaannya masing-masing
  • Jenis ethernet
    Ada beberapa jenis ethernet yang secara umum terbagi atas dua bagian yaitu ethernet yang mempunyai kecepatan 10 Mbps dan Fast Ethernet yaitu ethernet yang mempunyai kecepatan 100 Mbps atau lebih.

Kiriman terbaru