Tips Jitu Memilih Frame Kacamata

Frame atau bingkai kacamata adalah salah satu unsur terpenting pada kacamata selain lensa, jenis dan bentuknya pun bermacam-macam. Selain faktor style ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketikan anda akan memilih frame untuk kacamata. Agar anda tidak salah dalam memilih frame yang akan anda beli dan gunakan untuk kacamata anda, silahkan simak 5 trik memilih frame kacamata yang akan saya ulas berikut ini :

Jangan pilih frame berbahan plastik berwarna dov

Jika anda harus memilih antara frame berbahan plastik berwarna dov dengan frame berbahan plastik berwarna glosy, saran saya pilihlah frame berbahan plastik berwarna glosy.
Ya, frame berbahan plastik dengan warna dov sangat mudah patah, coba saja anda lihat baik-baik dan bandingkan antara keduanya hehe. selain itu frame dengan bahan plastik dov juga biasanya tidak bisa untuk distell.

Pilihlah frame yang memiliki tulang

Frame yang memiliki tulang biasanya terdapat besi didalam gagang framenya. frame yang seperti ini sudah pasti kuat dan tidak gampang patah. selain itu juga sangat mudah untuk diatur untuk menyesuaikan kenyamanan pemakaian anda.

Pilihlah frame yang memiliki peer pada bagian engselnya

Salah satu masalah terbesar yang sering dialami pengguna kacamata adalah frame patah, dan kebanyakan frame patah pada bagian engselnya. hal ini sering terjadi pada frame dengan engsel tanpa peer, maka dari itu pilihlah frame yang bagian engselnya terdapat peer. Frame dengan engsel yang memiliki peer selain tidak mudah patah pada bagian engselnya, gagang frame semacam ini juga bisa otomatis menyesuaikan dengan lebar wajah anda sehingga anda lebih nyaman memakainya. Frame yang memiliki peer gagangnya juga lebih mudah untuk dilipat dibandingkan dengan frame tanpa peer. Namun jika anda terpaksa harus memilih frame dengan engsel biasa tanpa peer, pastikan sekrup pada engsel dalam kondisi yang baik, tidak berkarat , tidak kendor, serta gagang frame mampu dilipat dengan baik.

Waspadai frame berbahan besi

Meskipun frame dengan bahan besi atau titanium lebih kuat dan tampak lebih elegan, anda harus berhati-hati terhadap frame jenis ini. Dikarenakan beberapa orang kadang memiliki alergi terhadap material berbahan besi, hal ini dapat menimbulkan iritasi hingga gangguan kesehatan lainnya. So frame berbahan besi memang bagus selama anda tidak memiliki alergi terhadap material berbahan besi. 

Pastikan kenyamanan frame

Cobalah pakai frame tersebut dan rasakan apakah ada yang kurang nyaman menurut anda saat frame tersebut dipakai. Berikut ciri-ciri frame yang tidak nyaman untuk dipakai:

  • Melorot pada bagian hidung, bila hidung anda pesek usahakan pilih frame yang memiliki bantalan hidung atau nosepad.
  • Miring saat dipakai
  • Bagian lensa/patrun menyentuh bulu mata
  • Gagang kendor
  • Pada bagian telinga terlalu menekan

Jika frame yang anda pilih memiliki ciri-ciri diatas saat dipakai, mintalah petugas optik untuk menyettel frame tersebut, Setelah itu coba letakkanlah frame tersebut pada meja yang datar dan pastikan kondisi frame benar-benar simetris.

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Terkait

  • Tips memilih buku bacaan untuk anak tersayang berdasarkan umur
    Setiap anak memiliki perkembangan berbeda, banyak faktor yang akan mempengaruhi tingkat perkembangannya. Preses belajar diawali dari lingkungan sekitarnya terutama di dalam rumah. Agar perkembangan tersebut sesuai dengan umurnya maka sebaiknya diberi

Kiriman terbaru